Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik di MAN 2 Mojokerto

Sutrisno, Sutrisno (2025) Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik di MAN 2 Mojokerto. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Text (BAB 1 Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB Akhir Penutup)
Text (BAB Akhir Penutup).pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
Text (Thesis fulltext).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter untuk mempersiapkan individu dalam menghadapi tantangan di masa depan. Pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap individu agar dapat berkontribusi secara positif dalam bermasyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan mengalami berbagai perubahan dan tantangan. Salah satu tantangan yang di hadapi dalam pendidikan adalah mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan itu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran problem based learning (PBL) dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran problem based learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan salah satunya dengan Teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi Teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan permasalahan terkait akidah dan akhlak, mendorong berpikir kritis, menganalisis konteks, mencari solusi, serta berkolaborasi dalam kelompok. Sebagian besar peserta didik menunjukkan antusiasme tinggi, partisipasi aktif, serta peningkatan motivasi dan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Akidah Akhlak, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 25 Oct 2025 07:59
Last Modified: 25 Oct 2025 07:59
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5082

Actions (login required)

View Item View Item