Sutrisno, Sutrisno (2025) Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik di MAN 2 Mojokerto. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version Download (377kB) |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Text (BAB 1 Pendahuluan).pdf - Published Version Download (297kB) |
|
|
Text (BAB Akhir Penutup)
Text (BAB Akhir Penutup).pdf - Published Version Download (232kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version Download (285kB) |
|
|
Text (Thesis Full Text)
Text (Thesis fulltext).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter untuk mempersiapkan individu dalam menghadapi tantangan di masa depan. Pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta sikap individu agar dapat berkontribusi secara positif dalam bermasyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan mengalami berbagai perubahan dan tantangan. Salah satu tantangan yang di hadapi dalam pendidikan adalah mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan itu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran problem based learning (PBL) dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran problem based learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan salah satunya dengan Teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi Teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan permasalahan terkait akidah dan akhlak, mendorong berpikir kritis, menganalisis konteks, mencari solusi, serta berkolaborasi dalam kelompok. Sebagian besar peserta didik menunjukkan antusiasme tinggi, partisipasi aktif, serta peningkatan motivasi dan keterampilan berpikir kritis.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Akidah Akhlak, Berpikir Kritis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 25 Oct 2025 07:59 |
| Last Modified: | 25 Oct 2025 07:59 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

