PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA PERSERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIKMAH SINTANG KABUPATEN SINTANG

Riduan, Riduan (2024) PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA PERSERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIKMAH SINTANG KABUPATEN SINTANG. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ca.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (Bab I)
1.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Text (Bab VI)
6.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
dp.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Tesis Full)
tf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peran guru adalah segala bentuk keikutsertaan guru dalam mengajar dan mendidik peserta didik untuk tercapainya tujuan belajar. 1) Adapun tujuan penelitian ini yaitu, Untuk mengetahui dan bagaimana guru mengatasi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Sintang Kabupaten Sintang. 2) Untuk mengetahui kendala guru dalam mengatasi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Sintang Kabupaten Sintang. 3) Untuk mengetahui bagaimana guru menyikapi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Sintang Kabupaten Sintang.
Sedangkan jenis penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian berupa pendekatan penelitian studi kasus di MI Al-Hikmah Sintang Kabupaten Sintang.
Hasil penelitian ini yaitu, Pertama, guru menyikapi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Sintang Kabupaten Sintang, yaitu belum terlihat secara keseriusan dalam mengambil tindakan yang tepat terhadap pelaku bullying ini pada hal banyak pelaku bullying yang di lakukan siswa secara diam-diam tanpa sepengetahuan gurunya. Kedua, Guru mengatasi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Sintang kurang efektif karena guru hanya mengunakan beberapa cara untuk mengatasi pelaku bullying yang mana cara guru mengatasinya dengan cara pemanggilan anak yang melakukan bullying saja tanpa memanggil korban untuk memita kejelasan yang sebenarnya dan juga tidak ada namanya pemanggilan orang tua yang dilakukan oleh pihak sekolah, serta tidak ada kerjasama pihak sekolah dan orang tua dalam mengatasi bullying ini. Ketiga, Kendala guru dalam mengatasi perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Sintang yaitu guru susah membedakan mana bullying dan mana tidak, guru sulit dalam menanamkan anti bullying kepada siswa, Sulitnya penanganan tindakan bullying yang hanya personal, Pengaruh lingkungan dan kebiasaan siswa yang menyebabkan siswa tidak ada efek jera, Kurangnya koordinasi antara guru dan orang tua yang menyebabkan sering terjadi bullying.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Mengatasi Perilaku Bullying
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 14 Oct 2025 09:20
Last Modified: 14 Oct 2025 09:20
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4977

Actions (login required)

View Item View Item