KUSEN, MUHAMMAD KUSEN (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH MEMBANGUN BRAND IMAGE KELAS TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN DI MI DARUL HIDAYAH TULANGAN SIDOARJO. Masters thesis, UNIVERSITAS KH. ABDUL CHALIM PACET MOJOKERTO.
|
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
|
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version Download (329kB) |
|
|
Text (BAB AKHIR ( PENUTUP KESIMPULAN))
3. BAB AKHIR (PENUTUP KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (229kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (238kB) |
|
|
Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
5. TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Brand Image, Daya Saing, Strategi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan lembaga pendidikan yang semakin ketat dan menuntut lembaga pendidikan untuk bersaing menjadi lebih kompetitif. Sehingga strategi pemasaran untuk lembaga pendidikan berperan penting di dalamnya. Strategi pemasaran berguna untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, mendapatkan citra yang baik dari konsumen dan meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. MI Darul Hidayah , sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu belajar dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (siswa, wali murid dan masyarakat). MI Darul Hidayah menerapkan strategi pemasaran untuk membangun brand image lembaga untuk meningkatkan daya saingnya.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan MI Darul Hidayah , (2) untuk menganalisis faktor-faktor pembentuk brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan MI Darul Hidayah , (3) untuk mengetahui implikasi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan MI Darul Hidayah . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi lapangan (field research). Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: kegiatan reduksi data, display data, menarik kesimpulan atau verivikasi data Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, hasil penelitian ini adalah: (1) MI Darul Hidayah membangun brand image dalam meningkatakan daya saing lembaga dengan melalui tiga strategi, yaitu positioning, differenting, dan branding. (2) faktor-faktor membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga MI Darul Hidayah adalah: a) akreditasi kelembagaan, b) tingkah laku siswa, c) prestasi, d) kualitas lulusan, e) kegiatan unggulan sekolah, dan f) hubungan alumni. (3) Implikasi pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing sekolah, yakni: a) kualitas pelayanan guru dan karyawan menjadi lebih baik, b) minat masuk masyarakat terhadap sekolah meningkat, c) siswa memiliki akhlak yang baik, d) kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap sekolah.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Dr. H. Zakariyah, M.Pd.I |
| Uncontrolled Keywords: | Brand Image, Daya Saing, Strategi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 11:35 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 11:35 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

