Umi, Maghfiroh (2023) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK PEMBIAYAAN DAN PERSEPSI PRODUK PEMBIAYAAN PEDAGANG TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN USAHA BANK SYARIAH (STUDI KASUS PEDAGANG PASAR LEGI MOJOSARI). Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (456kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (157kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (61kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (187kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir full text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan bank syariah dalam dekade terakhir mengalami kemajuan pesat. Bank syariah juga sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia yang telah memberi perubahan dan pengaruh dalam kehidupan social ekonomi masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh pengetahuan produk pembiayaan dan persepsi produk pembiayaan pedagang secara parsial dan simultan terhadap keputusan menggunakan produk pembiayaan usaha bank syariah pada pedagang pasar legi mojosari.
Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan metode survey Dengan jumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin dari seluruh pedagang pasar legi mojosari. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian ini, pada uji t menunjukkan bahwa variabel bebas pengetahuan pedagang secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk pembiayaan, sedangkan persepsi pedagang tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan produk pembiayaan. Pada uji F variabel bebas pengetahuan pedagang dan persepsi pedagang secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk pembiayaan. Berdasarkan nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 64,6% keputusan menggunakan produk pembiayaan dipengaruhi oleh pengetahuan pedagang dan persepsi pedagang, sedangkan sisanya 35,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan Pedagang, Persepsi Pedagang, Keputusan Menggunakan Produk Pembiayaan |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 ES IKHAC |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 06:33 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 06:33 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |