MANAJEMEN PROMOSI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD ISLAM SABILINA BEKASI

Ahmad, Minanur Rohman (2023) MANAJEMEN PROMOSI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD ISLAM SABILINA BEKASI. Masters thesis, Institute Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext- Ahmad Minanur Rohman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kemajuan teknologi yang
berkembang dengan sangat besar terutama dalam bidang informasi dan
komunikasi. Dengan perkembangan ini sangat diharapkan dapat dimanfaatkan
dalam bidang pendidikan termasuk dalam kegiatan promosi sekolah. Salah satu
sekolah yang menerapkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai
sarana promosi adalah SD Islam sabilina Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengetahui bagaimana proses manajemen promosi berbasis teknologi informasi
dan
komunikasi
yang
meliputi
proses
perencanaan,
proses
pengorganisasian, proses pelaksanaan, proses promosi, proses evaluasi dan hasil
promosi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di SD Islam sabilina.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di sekolah formal SD Islam sabilina
yang berada di Bekasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini
menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber penelitian
ini meliputi Wawancara dengan ketua Yayasan, kepala sekolah, guru, dan wali
murid di SD Islam Sabilina. Teknik analisis yang digunakan yaitu meliputi
pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah
triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, SD Islam Sabilina dalam
promosi menggunakan beberapa media diantaranya media sosial Facebook
Instagram dan website. Dalam proses manajemen promosi, SD Islam sabilina
menerapkan beberapa tahap. Pertama, perencanaan promosi, yang meliputi
penentuan target pemilihan konten dan sebagainya. Kedua SD Islam sabilina
membuat tim khusus dalam pelaksanaan ini yang telah dibagi pembagian kerjanya
masing-masing. Ketiga, membuat konten sesuai rencana yang sudah ditentukan.
Keempat, dilaksanakannya proses evaluasi promosi dalam durasi 1 tahun sekali
yaitu setiap akhir tahun sehingga proses promosi dapat terus berkembang dengan
baik. Kelima, dari penelitian ini didapatkan hasil yang positif dalam proses
promosi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di SD Islam
sabilina. Hal tersebut dapat diketahui dari banyaknya tanggapan positif dari orang
tua siswa dan banyaknya calon orang tua siswa yang berinteraksi di media sosial di
SD Islam Sabilina

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Promosi, Teknologi ,Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:36
Last Modified: 04 Sep 2025 08:36
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item