WINDA DWI, VIAN TRISNANTI (2024) PENGARUH DEMOGRAFIS, SERVICE QUALITY DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN MUDHARABAH BMT BABUSSALAM MOJOAGUNG JOMBANG. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1 COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (427kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Bibliography Download (478kB) |
![]() |
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (201kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (420kB) |
![]() |
Text (FUL SKRIPSI)
SKRIPSI FUL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam industri keuangan mikro yang semakin kompetitif,
memahami faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah menjadi
sangat penting. Di BMT Babussalam Mojoagung Jombang, kualitas
layanan, kepercayaan merek, dan karakteristik demografis nasabah
berpotensi memengaruhi loyalitas terhadap produk tabungan Mudharabah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketiga faktor tersebut
terhadap loyalitas nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh faktor
demografis, kualitas layanan (service quality), dan kepercayaan merek
(brand trust) terhadap loyalitas nasabah tabungan Mudharabah di BMT
Babussalam Mojoagung Jombang. Fokus utama dari studi ini adalah untuk
memahami bagaimana masing-masing variabel tersebut memengaruhi
loyalitas nasabah dan memberikan wawasan yang lebih mendalam
mengenai aspek-aspek yang dapat diperbaiki atau dikembangkan oleh
lembaga keuangan syariah tersebut dalam upaya meningkatkan retensi
nasabah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan
melalui survei yang melibatkan nasabah tabungan Mudharabah di BMT
Babussalam Mojoagung Jombang.
Dengan berdasarkan nilai yang diperoleh peneliti bahwa variabel
demografis (X1) memperoleh t hitunng -1,68 < 2,629 t tabeldan taraf
signifikansi nya adalah0,096 > 0,05. Untuk variabel service quality (X2)
memperoleh t hitung sebesar 6,874 > 6,629 t tabel dengan taraf
signifikansi 0,00 < 0,05. Sedangkan untuk variabel brand trust (X3)
diperoleh nilai t hitung sebesar 5,623 > 2,629 t tabel dengan taraf
signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Kemudian berdasarkan hasil uji F
diperoleh F hitung 85,629 > fF tabel 2,70 maka hasil tersebut isimpulkan
bahwasannya demografis (X), service quality (X2) dan brand trust (X3)
berpengaruh secara simultan terhadap variabel loyalitas nasabah tabungan
mudharabah (Y) di BMT Babussalam Mojoagung, Jombang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Demografis, Service Quality, Brand Trust, Loyalitas nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Depositing User: | S1 ES IKHAC |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 09:01 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 09:01 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |