Pengaruh Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di MI Nurul Falah Kutorejo

Jamilatun, Nurjannah (2024) Pengaruh Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di MI Nurul Falah Kutorejo. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (BAB 5)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keaktifan Belajar Matematika adalah segala kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar yang optimal sehingga dapat menciptakan suasana kelas saat proses pembelajaran Matematika menjadi kondusif. Adapun untuk indikator keaktifan belajar Matematika terdiri dari 8 indikator, yaitu: Keaktifan Melihat, Keaktifan Berbicara, Keaktifan Mendengarkan, Keaktifan Menulis, Keaktifan Menggambar, Keaktifan Motorik, Keaktifan Mental, Keaktifan Emosional. Beberapa indikator keaktifan belajar Matematika ini yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh variabel keaktifan belajar matematika (X) terhadap variabel hasil belajar matematika (Y) . penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian kausal komperatif (causal comparative research). Untuk sampel dalam penelitian ini yaitu 173 siswa dan berlokasi di MI Nurul Falah Kutorejo.
Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah berupa instrumen angket dan kegiatan dokumentasi. Menggunakan anlisis data yaitu, diantaranya : uji valididtas, reliabilitas, normalitas, linieritas, dan hipotesis. Berdasarkan hitungan dari uji hipotesis maka didapati nilai signifikasi sebesar 0,008 < 0,05, maka untuk kesimpulannya yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun hasil dari uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwasanya variabel keaktifan belajar matematika berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di MI Nurul Falah Kutorejo. Diperoleh juga untuk hasil R square sebesar 0,041 yang menyatakan bahwa besarnya pengaruh varibel keaktifan belajar matematika (X) terhadap hasil belajar matematika (Y) sebesar 4%. Adapun pengaruh yang lainnya, yakni 96% (100% - 4%) yaitu dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar Matematika dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKHAC
Date Deposited: 04 Oct 2024 09:27
Last Modified: 04 Oct 2024 09:27
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3396

Actions (login required)

View Item View Item