PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA ANAK KELOMPOK A DI RA MIFTAHUL HUDA NOGOSARI

Alda Salma, Rizqy Ilahi (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA ANAK KELOMPOK A DI RA MIFTAHUL HUDA NOGOSARI. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Flashcard adalah kartu yang memiliki gambar di atasnya yang digunakan untuk membantu siswa dalam belajar. Kata flashcard ini dapat dibagi menjadi dua kata yaitu flash dan card. Dalam bahasa Indonesia, flashcard berarti ruangan dan kotak, sedangkan card dalam bahasa Inggris berarti kartu. Flashcard merupakan media visual yang digunakan untuk menampilkan informasi seperti nama atau gambar pada satu atau dua benda yang digunakan dalam suatu pembelajaran atau kegiatan pembelajaran. Hal ini sering digunakan oleh orang tua dan guru untuk mengajar anak-anak tentang memahami dan belajar dari informasi tentang subjek.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana penerapan media flashcard huruf hijaiyah pada anak kelompok A di RA Miftahul Huda Nogosari? 2) Apakah media flashcard huruf hijaiyah efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada peserta didik? Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan media flashcard huruf hijaiyah yang dilakukan oleh pendidik pada anak kelompok A di RA Miftahul Huda Nogosari dan juga untuk mengetahui keefektifan media flashcard huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, serta eksperimen dengan menggunakan pretest dan posttest tanpa kelas pembanding. Kemudian untuk mengetahui Tingkat keefektifannya adalah dengan Uji Paired Sample Test.
Penelitian yang dilakukan di RA Miftahul Huda Nogosari ditemukan bahwa kemampuan anak dalam mempelajari huruf hijaiyah tanpa media flashcard terbatas sehingga banyak yang belum mampu menghafal huruf hijaiyah. Penelitian menemukan bahwa penggunaan flashcard efektif meningkatkan kemampuan anak dalam mempelajari huruf hijaiyah, karena memberikan pengalaman belajar yang baik dan membantu siswa memahami makna huruf hijaiyah. Selain itu, penggunaan flashcard dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap huruf hijaiyah, karena setiap flashcard memiliki warna yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Flashcard, huruf hijaiyah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:46
Last Modified: 10 Sep 2024 07:46
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item