ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV C DI SDI AL - AKBAR KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO

kartini, dwi hasanah (2023) ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV C DI SDI AL - AKBAR KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO. Diploma thesis, institut pesantren KH Abdul CHALIM.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak kartini.pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I pendahuluan kartini.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V penutup kartini.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK kartini.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI KARTINI WATERMAX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan guru adalah keahlian yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran didalam maupun diluar kelas secara profesional. Implementasi dari Keterampilan guru diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas guru di Indonesia. Menyikapi hal tersebut SDI Al- Akbar menjadikan keterampilan guru sebagai ketentuan dalam mengajar untuk membentuk kelas yang efektif, kondusif, dan menyenangkan bagi siswa/siswi SDI Al- Akbar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran IPA Kelas IV C di SDI Al- Akbar Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto? 2) Apa faktor penghambat pelaksanaan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas padapembelajaran IPA kelas IV C di SDI Al- Akbar Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto ?
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi lapangan melakukan wawancara kepada kepala sekolah, 1 guru wali kelas IV C, 5 siswa/siswi. Metode yang digunakan dalam penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, mengambil kesimpulan, dan melakukan tringulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1) keterampilan guru dalam pengelolaan kelas IV C di SDI AL- Akbar pada pembelajaran IPA menetapkan beberapa keterampilan guru wajib dilaksanakan pada pembelajaran IPA 2) Melaksanaan pengelolaan kelas dengan ciri khas yang ada di SDI Al- Akbar yaitu penataan ruangankelas(mendesain kelas), kebudayaan keislaman, melaksanakan persentasi, disetiap pembelajaran IPA. 3) Faktor yang menghambat pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pembelajaran IPA kelas IV C di SDI Al- Akbar yaitu lingkungan keluarga dan peraturan yang tidak konsisten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKHAC
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:21
Last Modified: 22 Jul 2024 08:21
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item View Item