PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MIFTAHUL ULUM CEPOKOLIMO

Tuty, Rusdana Sinty Mafaza (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI MI MIFTAHUL ULUM CEPOKOLIMO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (616kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (Skripsi Tuty Rusdana)
Tuty Rusdana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, pendidik dituntut untuk cerdas dalam menanamkan nilai-nilai serta norma sosial agar peserta didik dapat membawa diri dalam lingkungan sosial masyarakat. Lingkungan sosial masyarakat yang beragam menjadikan para peserta didik berbeda satu sama lain, maksudnya yakni perbedaan latar belakang masing-masing peserta didik dapat dilihat darimana peserta didik tersebut berasal.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Peningkatan Sikap Sosial Siswa Kelas V Di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Peningkatan Sikap Sosial Siswa Kelas V Di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini menggnakan rancangan tipe one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 23 peserta didik dan pengumpulan datanya menggunakan tes tertulis.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 75% dalam penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap sikap sosial peserta didik kelas V. setelah melakukan uji Paired Sample T-test yang didapatkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis penilaiannya diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) , Sikap Sosial Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:51
Last Modified: 26 Mar 2024 06:51
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2728

Actions (login required)

View Item View Item