INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS ALAM PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI MI ALAM LUQMAN AL HAKIM HIDAYATULLAH BATU

Nehlia, Sari (2021) INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS ALAM PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI MI ALAM LUQMAN AL HAKIM HIDAYATULLAH BATU. Diploma thesis, UNIVERSITAS KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Abstrak & Cover.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI NEHLIA SARI lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MI Alam Luqman Al Hakim Hidayatullah Batu salah satu sekolah Alam di Indonesia.Dengan itu inovasi kurikulum merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindarkan dalam berinteraksi dengan lingkungan pendidikan sebagai peningkatan proses pembelajaran di sekolah, apalagi semasa pandemi. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui proses inovasi kurikulum di MI Alam Luqman Al Hakim Hidayatullah Batu pada masa pandemi Covid -19 (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan inovasi kurikulum di MI Alam Luqman Al Hakim Hidayatullah Batu pada masa pandemi Covid -19 (3) Mengetahui solusi untuk mengatasi kendala pada pelaksanaan inovasi kurikulum di MI Alam Luqman Al Hakim Hidayatullah Batu.
Peneliti mengunakan penelitian kualitatif deskritif, data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan uji keabsahan data dengan triangulasi data. Dan teknik analisis data a) reduksi data b) penyajian data c) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian mengenai madrasah, waka kurikulum, guru MI Alam Luqman Al Hakim Hidayatullah Bata.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi kurikulum pendidikan di MI Alam Luqman Al Hakim Hidayatullah Batu menunjukkan bahwa (1) memberikan program atau kegiatan pada proses pembelajaran (2) kendala yang terjadi karena perubahan proses pembelajaran karena pandemi covid -19 (3) Solusi yang diberikan sekolah yaitu memberikan program kegiatan dalam proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif supaya anak – anak tetap menyenangkan walaupun proses pembelajaran di rumah dan juga memberikan motivasi kepada anak –anak. Sarannya MI Alam Luqman Al Hakim Hidayatullah lebih kreatif dan inovatif dalam membimbing anak – anak dan dalam melakukan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Curriculum Innovation, Nature School, Covid-19 Pandemic
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 MPI IKHAC
Date Deposited: 16 Feb 2024 09:02
Last Modified: 16 Feb 2024 09:02
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2606

Actions (login required)

View Item View Item