PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PAI DI SDN KALIREJO GONDANGWETAN PASURUAN

LUKMAN HAKIM, LUKMAN HAKIM (2022) PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PAI DI SDN KALIREJO GONDANGWETAN PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.

[img] Text (Cover Dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (BAB 1)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
3 BAB AKHIR (PENUTUP,KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Updated Version

Download (345kB)
[img] Text (TESIS UTUH)
TESIS UTUH fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Lukman hakim: 2022. Penerapan metode group investigation dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PAI di SDN kalirejo gondangwetan pasuruan. Tesis. Mojokerto: Program Magister Prodi PAI Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto. Dosen Pembimbing: Dr. Ainur Rofiq, M.Pd.
Kata kunci: Penerapan , group investigation, prestasi hasil belajar

Ada beberapa macam Metode pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah pembelajaran group investigation (investigasi kelompok) yaitu pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas peserta didik untuk mencari sendiri materi pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang telah tersedia, seperti buku atau internet. Group investigation merupakan salah satu Metode pembelajaran yang memiliki sifat demokratis dimana peserta didik menjadi lebih aktif dan mandiri dalam belajar.
Tujuan dalam penelitian ini antara lain, Pertama, Untuk mendiskripsikan perencanaan implementasi metode group investigation pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas V SDN kalirejo gondangwetan pasuruan, kedua, Untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode group investigation pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas kelas V SDN kalirejo gondangwetan pasuruan dan ketiga, Untuk mendiskripsikan evaluasi dalam metode group investigation pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas kelas V SDN kalirejo Gondangwetan Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelajaran group investigation dengan hasil pretest sebesar 71,48% dan hasil posttest sebesar 83,25%.. berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest, wawancara dan dokumentasi terhadap metode group investigation menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar terhadap PAI di kelas V SDN Kalirejo Gondangwetan Pasuruan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan , group investigation, prestasi hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:39
Last Modified: 13 Nov 2023 07:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2527

Actions (login required)

View Item View Item