LUKMAN HAKIM, LUKMAN HAKIM (2022) PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PAI DI SDN KALIREJO GONDANGWETAN PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.
Text (Cover Dan Abstrak)
1 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (BAB 1)
2 BAB I.pdf - Published Version Download (626kB) |
|
Text (BAB AKHIR)
3 BAB AKHIR (PENUTUP,KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (359kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Updated Version Download (345kB) |
|
Text (TESIS UTUH)
TESIS UTUH fix.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Lukman hakim: 2022. Penerapan metode group investigation dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PAI di SDN kalirejo gondangwetan pasuruan. Tesis. Mojokerto: Program Magister Prodi PAI Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto. Dosen Pembimbing: Dr. Ainur Rofiq, M.Pd.
Kata kunci: Penerapan , group investigation, prestasi hasil belajar
Ada beberapa macam Metode pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah pembelajaran group investigation (investigasi kelompok) yaitu pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas peserta didik untuk mencari sendiri materi pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang telah tersedia, seperti buku atau internet. Group investigation merupakan salah satu Metode pembelajaran yang memiliki sifat demokratis dimana peserta didik menjadi lebih aktif dan mandiri dalam belajar.
Tujuan dalam penelitian ini antara lain, Pertama, Untuk mendiskripsikan perencanaan implementasi metode group investigation pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas V SDN kalirejo gondangwetan pasuruan, kedua, Untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode group investigation pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas kelas V SDN kalirejo gondangwetan pasuruan dan ketiga, Untuk mendiskripsikan evaluasi dalam metode group investigation pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas kelas V SDN kalirejo Gondangwetan Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelajaran group investigation dengan hasil pretest sebesar 71,48% dan hasil posttest sebesar 83,25%.. berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest, wawancara dan dokumentasi terhadap metode group investigation menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar terhadap PAI di kelas V SDN Kalirejo Gondangwetan Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan , group investigation, prestasi hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 07:39 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 07:39 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2527 |
Actions (login required)
View Item |