Sri, Bulandari (2022) MANAJEMEN PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMBENTUK PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PANDAAN PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (201kB) |
|
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version Download (65kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
Text (Tesis Full)
5. Full Tesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki sebuah tujuan yaitu untuk mendeskripsikan dan
menganalisis daripada manajemen pelatihan sumber daya manusia dalam
membentuk profesionalisme guru di sekolah luar biasa negeri pandaan pasuruan.
Penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian kualitatif
dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah luar biasa negeri
pandaan pasuruan. Dengan metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sumber data antara lain berasal dari wawancara dengan kepala
sekolah dan beberapa staf guru.
Hasil penelitian ini, manajemen pelatihan dalam membentuk
profesionalisme guru di SLBN Pandaan Pasuruan: (1) program peningkatan
kualifikasi Pendidikan guru terdapat 29 guru yang strata-1. (2) program penyetaraan
dan sertifikasi guru terdapat 12 guru yang berstatus PNS, 1 berstatus pegawai PNS,
7 PPPK, 10 GTT, dan 4 PTT. (3) program pelatihan integritas berbasih kompetensi
bahwa guru di SLBN Pandaan Pasuruan mengikuti program pelatihan di BLK dan
PLK. (4) program supervise Pendidikan dilakukan oleh kepala sekolah dengan
kunjungan kelas supervisi dari pengawas sekolah dilakukan 1 kali dalam 1
semester. (5) program pemberdayaan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran),
MGMP di laksanakan dalam bentuk forum diskusi. Dan profesionalisme pada
pedagogic guru: (1) penguasaan terhadap karakteristik peserta didik dari aspek
fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual (terpenuhi). (2) penguasaan
terhadap teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik (terpenuhi).
(3) mampu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan
(terpenuhi). (4) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan potensi yang dimiliki (terpenuh). (5) memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggara kegiatan
pengembangan yang mendidik (terpenuhi). (6) menyelesaikan kegiatan
pengembangan yang mendidik (terpenuhi). (7) berkomunikasi secara efektif,
empatik dan santundengan peserta didik (terpenuhi). (8) melakukan penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk
kepentingan pembelajaran (terpenuhi) (9) melakukan Tindakan reflektif untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran (terpenuhi).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pelatihan, Profesionalime Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:01 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:01 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2420 |
Actions (login required)
View Item |