Hasana, Hasana (2022) STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN TERHADAP SISTEM BAURAN MARKETING MIX (Studi Kasus Di MAN 1 Majene Sulawesi Barat). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (463kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (416kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (309kB) |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Bauran pemasaran merupakan penggabungan variabel-variabel pemasaran
yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Variabel-variabel bauran
pemasaran yang dimaksud adalahiProduct, Place, Price, Promotion, People,
Process,idan Physical evidence. Salah satu tujuan pemasaran dalam lingkup
pendidikan yaitu untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap lembaga
pendidikan Islam sehingga dapat memenangkan persaingan antar lembaga
pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi Manajemen
Pemasaran Pendidikan di MAN 1 Majene Sulawesi Barat, (2) penerapan
marketing mix yaitu 7P : (product, price, place, promotion, people, phsycal
evidence, proces) Di MAN 1 Majene.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus juga bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data yang tidak relevan,
menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Madrasah Aliyah Negri Majene
masih menerapkan strategi yang sama dengan tahun sebelumnya namun
menyesuaikan dengan keadaan zaman, (2) Produk (Product) yang ditawarkan oleh
MAN 1 Majene untuk menarik minat masyarakat yaitu adanya dua program kelas
yaitu kelas reguler dan kelas khusus, (3) Harga (Price), MAN 1 Majene
membebaskan biaya atau gratis SPP untuk kelas reguler. Namun ada beberapa hal
yang harus digotong oleh para wali murid seperti seragam, buku lks, serta biaya
kegiatan-kegiatan sekolah seperti kegiatan ekstrakurikule, (4) Tempat (Place)
MAN 1 Majene sangat strategis, (5) Promosi (Promotion) yang dilakukan oleh
MAN 1 Majene yaitu melalui media cetak, osial media dan masyarakat.(6) Orang
(People), sumber daya manusia yang dimiliki MAN 1 Majene sudah sangat baik
serta berkualitas sehingga mampu mempengaruhi persepsi masyarakat dan
meningkatnya jumlah peserta didik, (7) Bukti Fisik (Phisical Evidence), MAN 1
Majene mempunyai fasilitas yang cukup memadai, (8) Proses (Process) MAN 1
Majene pada tahap pertama yaitu, seleksi penerimaan peserta didik ada 2 jalur
yaitu jalur prestasi dan jalur umum
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Manajemen Pemasaran, Marketing Mix, Man 1 Majene |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 10:27 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 10:27 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1711 |
Actions (login required)
View Item |