PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO

MAHDALENA, MAHDALENA (2022) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Prestasi peserta didik dapat menjadi tolak ukur keberhasilan belajar peserta didik. Prestasi belajar sangat tidak mudah dicapai terutama pada masa pandemi covid 19 saat ini. Pelaksanaan pembelajaran daring sangat membutuhkan perhatian lebih, untuk meningkatkan prestasi belajar dimasa pandemi sekolah harus memiliki guru yang profesional agar mampu melaksanakan pembelajaran daring, serta memiliki fasilitas penunjang yang memadai.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan fasilitas belajar daring terhadap prestasi belajar peserta didik dengan variabel independen profesionalisme guru dan fasilitas belajar daring dan variabel dependen adalah prestasi belajar peserta didik. Sampel penelitian ini adalah guru dan siswa di SMAN 1 Sooko Mojokerto, dengan sampel guru berjumlah 81 dan siswa 81. Pengujian ini menggunakan bantuan IBM Statistik SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara simultan antara profesionalisme guru (X1) dan fasilitas belajar daring (X2) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) dilihat dari hasil uji F dan diperoleh nilai Fhitung adalah sebesar 3,413 lebih besar dari Ftabel 3,11 (3,413 > 3,11). Terdapat pengaruh parsial antara profesionalisme guru (X1) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) dilihat dari hasil uji t diperoleh nilai thitung 2,268 dan lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,990 maka t¬hitung > ttabel (2,268 > 1,990). Terdapat pengaruh negatif antara fasilitas belajar daring (X2) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) dilihat dari hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar sebesar -2,139 lebih kecil dari ttabel 1,990 (thitung -2,268 < ttabel 1,990).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Fasilitas Belajar Daring, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 Mpi Ikhac
Date Deposited: 24 Oct 2022 09:58
Last Modified: 24 Oct 2022 09:58
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item