PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI DWI DASA WARSA TRAWAS

Nabila Joti, Larasati (2022) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI DWI DASA WARSA TRAWAS. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang diciptakan agar siswa lebih aktif selama kegiatan pembelajaran dan guru sebagai fasilitator dengan melalui beberapa tahap ilmiah diantaranya : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikannya. Dengan pendekatan saintifik maka memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi materi yang dipelajari sehingga siswa mampu mengaktualisasikannya melalui kegiatan pembelajaran yang sudah dirancang oleh guru.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran tematik kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif one group pretest posttets design. Dengan populasi 50 siswa yang merupakan jumlah siswa kelas IV dan dipilih 20 siswa sebagai sampel penelitian, siswa kemudian diberikan treatment.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dari skor pretest sebesar 54,30 meningkat pada posttest menjadi 63,95. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV. Kemudian menggunakan analisis data uji paired sampel T-test dari soal berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:10
Last Modified: 16 Sep 2022 08:10
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item