ANALISIS MATERI AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VIII PERSPEKTIF HOTS DAN SAINTIFIK

DEWI AFIATUL QUTSIYAH, DEWI (2022) ANALISIS MATERI AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VIII PERSPEKTIF HOTS DAN SAINTIFIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB 5)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (TESIS FULL)
5. TESIS FIX DEWI AFIATUL QUTSIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum 2013 disusun untuk meningkatkan ketermpilan abad 21 menuntut guru agar berperan penting dalam melatih siswa mengembangkan keterampilan berpikir tingkatan tinggi. Oleh Karenanya adanya materi ajar yang merupakan salah satu penyumbang presentase terbesar dalam meningkatkan proses kegiatan belajar dan mengajar (KBM), diperlukan pendekatan-pendekatan dalam merealisasi materi ajar tersebut sehingga dapat tersampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran, oleh karenanya pendekatan yang digunakan ialah pendekatan High order Thinking Skills (HOTS) dan Saintifik. Tujuan dari penelitian ini yakni Menganalisis Materi Ajar Pendidikan agama Islam dan Budi pekerti kelas VIII Perspektif HOTS (High Order Thinking Skill) dan Pendekatan Saintifik.
Penelitian ini merupakan penelitian content analysis dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari penelitian ini bersumber dari Buku Ajar Pendidikan agama Islam dan Budi pekerti kelas VIII SMP/MTs edisi revisi 2017. Sedangkan data yang diambil oleh peneliti adalah paparan materi yang ada di dalamnya yang terkait dengan tema 1 sampai 3.Teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Untuk selanjutnya analisis data yang digunakan ialah analisis isi (content analysis) dari model Philip Mayring yaitu membuat inferensi dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya. Analisis isi merupakan salah satu metode untuk menganalisis isi media baik cetak ataupun elektronik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Materi Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP/MTs edisi revisi 2017 Perspektif HOTS dan Saintifik secara substansi bab 1-3 masih terdapat materi yang berkategori HOTS, contohnya Mengkreasi (37,5%), Menganalisis (28%), dan tidak terdapat aktivitas yang termasuk kriteria mengevaluasi, akan tetapi ada beberapa aktivitas yang berkategorikan LOTS, Contohnya Mengingat sebesar (18,7%), Memahami (15,6%), dan tidak terdapat aktivitas yang termasuk kriteria mengaplikasikan. Berdasarkan pendekatan saintifik pada bab 1-3 hanya dilaksanakan 4 tahapan yaitu mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, pada buku ini belum diintruksikan dengan jelas untuk tahap ke 5 yaitu menanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, materi ajar, HOTS, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 31 Aug 2022 09:36
Last Modified: 31 Aug 2022 09:36
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item