Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menerapkan Sikap Syukur dan Sabar Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Al Aqsha Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara.

Masruru, Salele (2021) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menerapkan Sikap Syukur dan Sabar Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Al Aqsha Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (PENUTUP)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (REVERENSI)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (ISI)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada kenyataannya, disetiap lembaga pendidikan negeri maupun swasta, masih ditemukan masalah-masalah belajar diakibatkan oleh pola tingkah yang tidak menunjukkan sikap syukur dan sabar siswa di antaranya; siswa yang berperilaku tidak baik dan mempunyai kelaziman buruk dalam belajar, siswa yang sering datang terlambat dan pulang bukan pada waktunya, siswa yang mempunyai perilaku menyimpang dalam hubungan interaksi sosial dan lain sebagainya. Demikian halnya juga bagi pendidik yang kurang berinovasi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang seharusnya menjadi tugas pokok sebagai seorang guru yang profesional. Berawal dari paparan tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu; (1) untuk mengetahui bagaimana strategi, (2) mengetahui tahap pelaksanaan strategi, dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi, guru akidah akhlak dalam Menerapkan sikap syukur dan sabar bagi siswa kelas X di Madrasah Aliyah Al Aqsha Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan Managerial atau lebih umum dengan istilah pendekatan manajemen. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah dan Guru Akidah Akhlak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa yaitu; (1) melakukan langkah-langkah dalam hal; support and cooperation, uswatun hasanah, istiqamah terhadap perbuatan yang baik dan melakukan pembelajaran dengan hikmah, pelajaran dan dialog yang baik; (2) tahap pelaksanaan yaitu, belajar tatap muka di dalam kelas pertama, tahap persiapan sebelum mengajar, kedua, tahap pelaksanaan dan ketiga tahap lanjutan. tahap tatap muka di luar kelas, program-program madrasah, pertama, kuliah tujuh menit (kultum), kedua, bakti sosial, ketiga Jumat bersih dan keempat pengajian. (3) faktor pendukung; internal siswa yaitu, memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, memiliki kepedulian sosial. Eksternal siswa yaitu; belum ada Musala, pembelajaran akidah akhlak dari guru mata pelajaran, kultum saat apel pagi dan setelah salat Zuhur, Jumat bersih dan bakti sosial di lingkungan masyarakat, adanya sanksi bagi pelanggar tata tertib. Faktor Penghambat; Internal siswa yaitu; waktu tersita dengan bermain game, melanggar tata tertib madrasah. Eksternal siswa yaitu, sarana ibadah menggunakan ruang kelas, anggaran operasional, waktu yang digunakan oleh guru tidak maksimal kepada siswa, madrsah berstatus swasta, tenaga guru masih berstatus honorer.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi guru akidah akhlak, menerapkan sikap syukur dan sabar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 27 Sep 2021 10:46
Last Modified: 27 Sep 2021 10:46
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item