Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Muatan IPA subtema Benda Tunggal dan Campuran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Setia Bhakti Trawas Mojokerto

Widi, Astuti (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Muatan IPA subtema Benda Tunggal dan Campuran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Setia Bhakti Trawas Mojokerto. Diploma thesis, Institut KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Abstrak 3 bahasa)
Abstrak 3 Bahasa.docx WIDI.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.docx WIDI.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.docx WIDI.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka WIDI.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (Skripsi full)
Skripsi WIDI FIX Repostory PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Astuti, Widi. 2021 "Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Muatan IPA subtema Benda Tunggal dan Campuran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Setia Bhakti Trawas", Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim Mojokerto, Pembimbing Agung Purwono,M.Pd

Kata Kunci : Hasil Belajar, Media pembelajaran audio visual.

Hasil belajar ialah tujuan akhir dilaksanakannya suatu kegiatan pembelajaran disekolah. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui usaha sadar yang dilakukan secara sistematis mengarah pada perubahan positif kemudian disebut dengan proses belajar. Media pembelajaran audio visual ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa karna media dapat membangkitkan motivasi, dapat memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan rangsangan kegiatan belajar.

Pada Penelitian ini mengkaji pengaruh media pembelajaran audio visual yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa kelas V MI Setia Bhakti Trawas, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas yang menerapkan media pembelajaran dengan kelas yang tidak menerapkan media pembelajaran sebagai alat bantu menyampaikan materi, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen menggunakan desain two group pretest posttest. Pada penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan menggunakan 10 item soal esai, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan penemuan hasil penelitian ini adalah nilai sig < 0,05 yaitu 0,000. Hal itu terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang sudah dan sebelum menerapkan media pembelajaran audio visual yaitu 58,26 menjadi 70,88. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Setia Bhakti Trawas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, media pembelajaran audio visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:30
Last Modified: 30 Sep 2021 07:30
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item