Heri, Darmawansah (2021) PEMBELAJARAN ASWAJA BERBASIS NILAI-NILAI KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM ( Study Kasus Di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sooko Wringinanom Gresik ). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Absrtak)
Cover dan Absrak.pdf - Published Version Download (692kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (784kB) |
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (424kB) |
|
Text (TESIS FULL)
FULL TESIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci : Pembelajaran aswaja, Nilai-nilai, Ta’lim Muta’allim
Banyak paham yang beredar di masyarakat namun cenderung meresahkan sehingga keberadaan paham aswaja Nadhlatul Ulama serta dengan berbasis nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’allim menjadi garda terdepan dalam membentengi siswa dalam kehidupannya.
Tujuan penelitian ini ialah Mendeskripsikan dan menganalisa Pembelajaran Aswaja Berbasis Nilai-Nilai Kitab Ta’lim Muta’allim di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sooko WringinAnom Gresik, Mendeskripsikan dan menganalisis Implikasi Pembelajaran Aswaja Berbasis Nilai-Nilai Kitab Ta’lim Muta’allim di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sooko WringinAnom Gresik. Untuk menemukan Pembelajaran Aswaja Berbasis Nilai-Nilai Kitab Ta’lim Muta’allim , peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus dengan cara mengumpulkan data kemudian menganalisis serta membuat kesimpulan dari data di lapangan yang telah didapatkan.
Adapun temuan penelitian ini adalah : 1) Pembelajaran aswaja berbasis kitab Ta’lim Muta’allim, maka peneliti menyimpulkan, a) Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sooko Wringinanom menerapkan atau menggabungkan kurikulum nasional dengan materi pondok pesantren, b) Metode yang digunakan dalam pembelajaran aswaja berbasis nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’allim ialah metode bendongan dengan cara guru membaca, menerjemahkan, serta menerangkan kalimat demi kalimat sehingga para siswa lebih cepat memahami arti serta nilai-nilai yang ada didalam kitab Ta’lim Muta’allim, dan c) Pembelajaran aswaja berbasis nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’allim merupakan salah satu mata pelajaran ekstra di Madrasah Aliyah Sooko Wringianom, dan 2) Implikasi Pembelajaran Aswaja Berbasis Nilai-Nilai Kitab Ta’lim Muta’allim di Madrasah Aliyah Darut Taqwa Sooko WringinAnom Gresik. maka peneliti menyimpulkan, a) Memperbaiki krisis akhlak kepada para siswa dengan pedoman pembelajaran Aswaja berbasis nilai-nilai kitab Ta’lim Muta’allim, b) Guru menjadi contoh atau teladan bagi para siswa-siswi, dan c) Melakukan evaluasi pada siswa tentang sejauh mana pemahaman terhadap nilai-nilai yang ada di dalam kitab ta’lim muta’allim dengan cara penilaian berupa tes harian dan tes semester.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran aswaja, Nilai-nilai, Ta’lim Muta’allim |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 03:26 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 03:26 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/904 |
Actions (login required)
View Item |