Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida Bendunganjati Pacet

Ina, Maria Muhammadiyah (2021) Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida Bendunganjati Pacet. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Prestasi belajar pada anak usia dini menunjukkan sejauh mana anak mampu memenuhi tugas perkembangannya sesuai dengan tahapan usia anak. Oleh karena itu, capaian prestasi belajar anak harus dimaksimalkan agar masa keemasaan ini tidak terlewatkan begitu saja. Terdapat berbagai faktor yang memengaruhi tingkat prestasi belajar anak, salah satunya adalah konsep diri. Data lapangan menunjukkan bahwa terdapat beberapa perilaku yang mengindikasikan konsep diri negatif, di sisi lain tingkat prestasi belajar anak belum merata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil konsep diri anak usia 5-6 tahun; 2) profil prestasi belajar anak usia 5-6 tahun; dan 3) pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida Bendunganjati Pacet.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida Bendunganjati dengan sampel sebanyak 23 anak yang ditentukan dengan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida Bendunganjati Pacet secara positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan persamaan regresi linear sederhana sebesar: Y = 190,631 + 1,376X. Koefisien regresi yang bernilai positif menunjukkan positifnya arah pengaruh variabel X terhadap Y, artinya semakin tinggi nilai variabel X maka akan semakin tinggi pula nilai variabel Y. Adapun persentase pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar adalah sebesar 36,2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Prestasi Belajar, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:33
Last Modified: 02 Sep 2021 06:33
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item