PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 9 SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA SISWA KELAS IV MI ADDINIYAH JIYU

Taufik HIdayat, Taufik Hidayat (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 9 SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA SISWA KELAS IV MI ADDINIYAH JIYU. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (BAB akhir (PenutupKesimpulan))
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas kurangnya pemahaman peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang telah diberikan guru sehingga mempengaruhi hasil belajar, berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik menggunakan metode pembelajar simulasi terhadap hasil belajar siswa MI Addiniyah Jiyu, dengan tujuan penelitian sebagai berikut; Mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar tematik tema 9 subtema kekayaan sumber energi di Indonesia siswa kelas IV MI Addiniyah Jiyu, metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Rancangan penelitian yang digunakan skripsi ini adalah rancangan one group pretest postest design, dengan jumlah populasi yang diambil adalah peserta didik kelas IV MI Addiniyah Jiyu yang berjumlah 23. Teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik deskriptif dan uji persyaratan analisis. Sehingga mendapatkan hasil penelitian dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 61% menjadi 79%. Adapun uji Homogenitas dari data pretest dan postest peserta didik memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Sehingga H_0 ditolak sedangkan H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Simulasi, Penelitian Kuantitatif
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:01
Last Modified: 31 Aug 2021 07:01
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item