PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI DI SMP UNGGULAN ZAINUL HASAN GENGGONG - PROBOLINGGO

Taufiq, Taufiq (2020) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI DI SMP UNGGULAN ZAINUL HASAN GENGGONG - PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (bab 1)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (bab v)
3 BAB V.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (daftar pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5 Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci Prestasi Belajar

Prestasi belajar merupakan sebuah hasil dari pencapaian yang dilakukan oleh siswa setelah melaksanakan kegiatan tertentu. Prestasi belajar merupakan penguasaan terhadap ilmu yang telah dikembangkan dalam sebuah mata pelajaran, hal ini lazim ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh seorang guru.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variable lingkungan belajar dan peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa pasa pelajaran PAI di SMP Unggulan Zainul Hasan Genggong. Analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data diuji dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik Normalitas, Heterokedastisitas, dan Multikolinieritas. Uji Hipotesis dilakukan dengan bantuan Software SPSS Versi 21.0

Hasil Analisis menunjukkan bahwa pertama, lingkungan belajar berpengauh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SMP Unggulan Zainul Hasan Genggong Probolinggo dengan nilai signifikan sebesar 0.731 artinya setiap peningkatan 1% pada lingkungan belajar dapat menigkatkan prestasi belajar siswa sebesar 71,3%. Kedua, peran orang tua berpengauh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SMP Unggulan Zainul Hasan Genggong Probolinggo dengan nilai siginifikan 0,554 artinya setiap peningkatan 1% pada lingkungan belajar dapat menigkatkan prestasi belajar siswa sebesar 55,4%. Ketiga, lingkungan belajar dan peran orang tua secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SMP Unggulan Zainul Hasan Genggong Probolinggo.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Peran Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:31
Last Modified: 12 Aug 2020 11:31
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item