KREATIVITAS GURU AL-QURAN HADIṠ DALAM PENANGANAN KESULITAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas X MIA 6 Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Mojokerto)

Rokhmatin, Nazilah (2021) KREATIVITAS GURU AL-QURAN HADIṠ DALAM PENANGANAN KESULITAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas X MIA 6 Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Mojokerto). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (871kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TAIU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran tidak selalu berjalan dengan sesuai dengan apa yang diharapkan. Akan ada banyak lika-liku yang dihadapi pada saat proses belajar-mengajar. Pada mata pelajaran al-Quran Hadiṡ telah ditemukan adanya kesulitan belajar siswa. Mengingat al-Quran merupakan Firman Allah ta’ala dan Hadiṡ merupakan perkataan yang menjadi hukum dalam melaksanakan tugas sebagai insan Rabbani maka mata pelajaran ini menjadi sangat penting dalam sekolah Islam dan sangat dianjurkan untuk bisa memahami materi-materi yang disampaikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadiṡ serta untuk mengetahui dan menganalisis upaya kreativitas guru al-Quran Hadiṡ dalam mengatasi kesulitan Belajar Siswa di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Mojokerto. Untuk menemukan kesulitan belajar siswa dan kreativitas guru al-Quran Hadiṡ dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis studi kasus dengan cara mengumpulkan data, kemudian menganalisis, dan membuat kesimpulan dari data lapangan yang telah didapatkan.
Adapun temuan penelitian ini adalah, 1) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas X MIA 6 pada mata pelajaran al-Quran Hadiṡ yakni; a) Kesulitan Membaca, b) Kesulitan Menulis, c) Kesulitan Menghafal, dan d) Kesulitan dalam memahami materi pelajaran al-Quran Hadiṡ.
2) Sedangkan kreativitas yang dilakukan oleh Guru al-Quran Hadiṡ dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa kelas X MIA 6 pada mata pelajaran al-Quran Hadiṡ yaitu; a) Pada kesulitan membaca dan menulis; (1) Pendekatan personal, (2) Berkerjasama dengan Muadalah dengan program; (a) Membaca al-Quran dengan tajwid dan (b) Memberikan keterampilan menulis dan mengarang dengan Bahasa Arab, b) Dalam hal kesulitan mengahafal materi al-Quran dan Hadiṡ yaitu; (1) Memberikan ayat yang pendek agar mudah dan cepat dihafal, (2) Memberikan semangat dan motivasi, (3) Menginstruksikan untuk mengulang-ulang hafalan, serta (4) Memberikan jeda waktu saat pembelajaran agar siswa-siswi tidak jenuh saat menghafalkan ayat-ayat tersebut, c) Dalam hal kesulitan memahami materi al-Quran dan Hadiṡ maka kreativitas guru yakni; (1) Memberikan pengulangan penjelasan akan mempertajam pemahaman yang mereka dapatkan, (2) Menggunakan bahasa yang lebih sederhana agar mudah dipahami, (3) Memberikan pengulangan terhadap materi yang telah diajarkan (review materi), (4) Memberikan motivasi agar mereka tetap semangat dalam menuntut ilmu, dan (5) Mengartikan ayat al-Quran maupun Hadiṡ dengan perkata atau permufradat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar al-Quran Hadiṡ, Kreativitas Guru al-Quran Hadiṡ dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 23 Aug 2021 06:46
Last Modified: 23 Aug 2021 06:46
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item View Item