ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS 5 MIN 1 MOJOKERTO

Masrurotun, Nikmah (2020) ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS 5 MIN 1 MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI (terbaru) MASRUROH - FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemecahan masalah adalah suatu usaha yang dilakukan setiap individu maupun kelompok yang bertujuan untuk memecahkan masalah. Proses berpikir kreatif merupakan suatu aktivitas yang digunakan untuk mencari solusi dalam pemecahan masalah dan kemampuan individu untuk menghasilkan suatu ide-ide untuk dapat memecahkan masalah yang dihadapinya. Setiap manusia mempunyai pemikiran yang dapat menimbulkan suatu ide untuk mencapai tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis proses berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika di kelas 5 MIN 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang diangkat oleh peneliti yaitu studi kasus. Studi kasus biasa digunakan untuk menjawab permasalahan yang berkenaan dengan how atau why terhadap sesuatu yang diteliti.
Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut. “Bagaimana proses berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika kelas 5 MIN 1 Mojokerto?”. Hasil penelitian ini adalah, 1) Tahap Persiapan, ketiga subjek mampu memahami masalah dan menyampaikan informasi menggunakan bahasa sendiri. 2) Tahap Inkubasi, subjek melakukan kegiatan berdiam diri dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam menemukan solusi. Sedangkan S3 melakukan kegiatan berdiam diri dan membaca berulang-ulang kali serta membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam menyelesaikan masalah. 3) Tahap Iluminasi, S1 mampu memunculkan ide yang baru. Sedangkan S2 dan S3 mampu memunculkan ide tetapi ide yang dimunculkan merupakan ide yang sudah lama. 4) Tahap Verifikasi, ketiga subjek mampu menggunakan langkah-langkah yang benar dan sistematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematika, Proses Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 01 Jul 2021 08:56
Last Modified: 01 Jul 2021 08:56
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item