Siti, Rokhani (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENGURANGAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN SISWA KELAS 1 MI DARUSSALAM PACET TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (448kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (350kB) |
|
Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil dari pembelajaran materi pengurangan pada mata pelajaran matematika dengan mengunakan Kantong bilangan pada siswa kelas 1 MI Darussalam Pacet tahun pelajaran 2019-2020.
Jenis penelitan ini adalah yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan meliputi tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang terdapat pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 di MI Darussalam Pacet, yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 13 siswa putri dan 11 siswa putra. Tekhnik yang di gunakan yaitu tekhnik pengumpulan data dengan melakukan beberapa tahapan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data dapat dianalisis dengan cara kuantitatif dan kualtatif. Indikat keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang telah di tentukan yaitu 75.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Kantong bilangan yang terdapat pada materi pengurangan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatakan hasil belajara siswa kelas 1 di MI Darussalam Pacet. Sewaktu belum diberikan tindakan, nilai pemebelajaran materi pengurangan pada mata pelajaran matematikan 12 siswa ( 50% ) yang mencapai KKM. Pada tindakan siklus 1 terjadi peningkatan dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika., dimana dapat dilihat dari rata- rata nilai yang diperoleh yaitu meningkat menjadi 74. Dari 15 (62%) siswa mendapatkan nilai diatas KKM, sedangkan 9 (37%) siswa yang mendapat nilai kurang dari KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Sedangkan untuk meyakinkan dan lebih mamastikan lagi bawah media kantong bilangan ini benar-bernar meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 MI Darussalam peneliti melakukan tindakan pada siklus ke 2. Pada siklus ke 2 peningkatan hasil belajar yang di lakukan oleh peserta didik juga terlihat tinggi yaitu sebanyak 20 (83%) yang mendapat nilai di atas KKM, dan 4 (16%) siswa mendapat nilai kurang dari KKM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Materi Pengurangan, Media Kantong Bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 11:30 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 11:30 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/760 |
Actions (login required)
View Item |