Masruroh, Masruroh (2020) Implementasi Model Kooperatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Study Kasus Di SMK Negeri 1 Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Diploma thesis, Institut KH.Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak watermark.pdf - Published Version Download (474kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (523kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (276kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (384kB) |
|
Text (Skripsi ful text)
SKRIPSI 1-5 FIX (watermark) autofix.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Model kooperatif manjadi suatu inovasi model yang bisa digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dikarenakan banyaknya guru khususnya pendidikan Agama Islam yang masih suka menggunakan model pembelajaran yang sama membuat siswa bosan dan terkesan meremehkan karena dianggap mudah dan tidak penting, dengan menggunakan model kooperatif ini guru dapat membangun semangat belajar dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam agar siswa dapat semangat dalam belajar Pendidikan Agama islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran model kooperatif, 2) Bagaimana Proses implementasi model kooperatif, 3) Apa saja factor pendorong dan penghambat dalam proses implementasi model kooperatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki beberapa tahapan, diantaranya: 1)Silabus, 2) RPP, 3)Jurnal Pembelajaran. 2) Implementasi model koopetatif dalam pembelajaran PAI oleh guru di SMK Negeri 1 Dlanggu yang kedua proses penerapan model kooperatif dalam pembelajaran PAI di kelas yaitu guru membuka pelajaran, menstimulus siwa-siswi, menerangkan pokok materi pelajaran, membagi kelompok dan memberi tugas, penyampaian hasil tugas didepan kelas, penilaian dan evaluasi. 3) Factor pendorong dan penghambat pelaksanaan model koopertif yaitu faktor pendorong dan penghambat implementasi model pembelajaran kooperatif, dalam pelaksanaan model pembelajaran tidak luput dari factor pendorong dan factor penghambat. Faktor pendorong dalam implementasi model kooperatif dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Dlanggu yaitu fasilitas yang cukup memadai dalam pelaksanaanya seperti Laptop, LCD, Hp, papan tulis, spidol, buku pegangan, buku penunjang di pepustakaan, tingginya minat upgrade skill para pengajar. Dan dalam faktor penghambat yaitu beberapa guru yang masih suka dengan zona nyaman,siswa yang sengaja datang terlambat atau siswa yang membolos ke kantin atau alasan ke kamar mandi, siswa yang berbicara sendiri di kelas atau bermain HP atau siswa yang tidur dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran PAI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 09:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 09:03 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/63 |
Actions (login required)
View Item |