STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI MTs SUNAN AMPEL KUMPULREJO PARENGAN TUBAN

Bajuri, Bajuri (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI MTs SUNAN AMPEL KUMPULREJO PARENGAN TUBAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (TESIS FULL TESIS)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul tentang Strategi Kepala Madrasah dalam
Meningkatkan budaya literasi di MTs Sunan Ampel Kumpulrejo Parengan Tuban.
Hal tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca masyarakat Indonesia
tentunya warga MTs Sunan Ampel, untuk itu perlu adanya peningkatan budaya
membaca agar nantinya mutu pendidikan menjadi lebih ditingkatkan dan nantinya
sumber daya manusia pun akan lebih meningkat untuk kedepan. Dalam penelitian
ini peneliti mengambil objek di MTs Sunan Ampel Kumpulrejo Parengan Tuban
melalui beberapa pertimbangan. Dalam melakukan tugas ini kepala madrasah dan
kepala perpustakaan serta guru membuat beberapa program yang bertujuan agar
siswa lebih termotivasi untuk membaca buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan budaya literasi di MTs
Sunan Ampel Kumpulrejo Parengan Tuban, untuk mengetahui faktor-faktor yang
menjadi penunjang dan penghambat dalam meningkatkan budaya literasi di MTs
Sunan Ampel Kumpulrejo Parengan Tuban, untuk mengetahui Strategi Peningkatan
Budaya literasi dalam meningkatkan minat baca di MTs Sunan Ampel Kumpulrejo
Parengan Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatifiyang mana pada
pendekatan ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari
orang dan perilaku yang dapat diamati.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Peran kepala madrasah adalah
Sebagai educator (pendidik), Manajer, administator, supervisor, leader, innovator,
Motivator. 2) Ada beberapa faktor penunjang dan penghambat dalam
mengembangkan budaya literasi. Faktor penunjang diantaranya : Peran aktif warga
madrasah, Dukungan orang tua siswa. Selain itu ada beberapa faktor penghambat
yaitu : Keterbatasan koleksi, Pengaruh teknologi. 3) Dalam mengembangkan
budaya literasi, kepala MTs Sunan Ampel mempnyai beberapa strategi yang
digunakan diantaranya : Pengembangan perpustakaan, Menyediakan buku-buku
fiksi, non fiksi, referensi. Pengembangan area baca, Program 15 menit membaca,
Pengembangan program kegiatan madrasah yang bertema literasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Madrasah, Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 10 Dec 2025 12:52
Last Modified: 10 Dec 2025 12:52
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item