Fahrul, Ashari (2025) IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version Download (471kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (303kB) |
|
|
Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version Download (207kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (215kB) |
|
|
Text (TESIS Fahrul Ashari)
TESIS Fahrul Ashari.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Implementasi Evaluasi Pembelajaran sangat penting diterapkan, Pendidik dalam proses
pembelajaran membutuhkan informasi mendalam tentang peserta didik, berkaitan dengan
aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Semua komponen dan faktor-faktor yang
mendukung keberhasilan pendidikan memiliki keterkaitan yang sangat erat. Salah satu faktor
penting dalam sistem pendidikan adalah penilaian (Evaluasi).
Adapun tujuan penelitian ini : 1) Untuk Menganalisis Implementasi Evaluasi
Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 1
Mojokerto. 2) Untuk Menganalisis Faktor Pendukung dan Penghambat serta Solusi
Implementasi Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka di Madrasah
Aliyah Negeeri satu Mojokerto. Dengan menggunakan jenis pendekatan penelitian Studi
Kasus. Teknik pengambilan data menggunakan Wawancara, Observasi dan Dokumentasi.
Sumber datanya ialah informan yang terlibat langsung dalam implementasi evaluasi
pembelajaran yaitu Kepada Madrasah, Waka Kesiswaan , Guru Aqidah Akhlak, serta peserta
didik.
Hasil penelitian ini diantaranya: 1) Implementasi Evaluasi Pembelajaran Aqidah
Akhlak pada kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. a) Implementasi
Evaluasi Diagnostik, b) Implementasi Evaluasi Formatif, c) Implementasi Evaluasi Sumatif. 2)
Faktor Penghambat, Pendukung serta Solusi Implementasi Evaluasi Pembelajaran Aqidah
Akhlak Pada Kurikulum Merdeka, a) Faktor Pendukung Evaluasi Diagnostik: (1) Kesiapan
guru, (2) Instrumen yang valid, (3) Sarana dan prasarana yang memadai, (4) Dukungan sekolah,
(5) Kejujuran peserta didik, (6) Tindak lanjut hasil evaluasi. b) Faktor Pendukung Evaluasi
Formatif yaitu: (1) Kesiapan dan kompetensi guru, (2) Sarana prasarana, (3)Media
pembelajaran (buku, LKS, proyektor), (4) Peserta didik yang adaptif terhadap teknologi
khususnya aplikasi SCOLA. c) Faktor Pendukung Evaluasi sumatif: (1) Kompetensi guru dan
kesiapan Peserta Didik, (2) Program Madrasah Digital. (3) Penggunaan aplikasi SCOLA
dengan fitur canggih. a) Faktor Penghambat Evaluasi Diagnostik: (1) Kurangnya pemahaman
guru, (2) Instrumen yang kurang tepat, (3) Rendahnya kejujuran peserta didik dalam menjawab,
(4) Tidak adanya tindak lanjut dari hasil evaluasi, b) Faktor Penghambat Evaluasi Formatif: (1)
Keterbatasan Pemahaman Guru, (2) Jaringan Internet yang Tidak Stabil, (3) Perangkat HP yang
Kurang Mendukung, (4) Kurangnya Keterampilan Digital Peserta Didik, (5) Rendahnya
motivasi belajar peserta didik. c) Faktor Penghambat Evaluasi Sumatif: (1) Kendala teknis,
jaringan internet, gangguan pada aplikasi SCOLA, (2) Penguasaan teknologi yang beragam
pada peserta didik dan menjadi tantangan bagi guru, (3) Adaptasi terhadap Kurikulum Merdeka
juga masih memerlukan waktu dan pelatihan lebih lanjut agar evaluasi dapat berjalan optimal.
a) Solusi Diagnostik (1) Mengadakan pelatihan rutin atau workshop (2) Menyusun bank soal
berbasis kompetens (3) Membangun budaya kejujuran (4) Membuat sistem dokumentasi dan
analisis hasil evaluasi. b) Solusi Formatif (1) Melakukan bimbingan teknis mengenai
perencanaan (2) Menyediakan opsi evaluasi offline (3) Memberikan alternatif media
pembelajaran dan evaluasi berbasis kertas (4) Menyelenggarakan pelatihan atau pendampingan
(5) Menerapkan pendekatan menarik. c) Solusi Sumatif (1) Menyediakan evaluasi secara luring
(2) Melakukan pemetaan kemampuan teknologi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 06 Dec 2025 09:46 |
| Last Modified: | 06 Dec 2025 09:46 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

