ANALISIS PENDIDIKAN TAUHID DALAM BUKU PAI DI TK

Aisyah, Firdaus Sholeh (2022) ANALISIS PENDIDIKAN TAUHID DALAM BUKU PAI DI TK. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Skripsi Full)
bismillah terakhir skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses upaya yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk meningkatkan nilai perilaku seseorang atau masyarakat, dari keadaan tertentu ke suatu keadaan yang lebih baik. Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Sedangkan tauhid adalah pegangan pokok dan sangat menentukan bagi kehidupan manusia, karena tauhid menjadi landasan bagi setiap amal yang dilakukannya. Hanya amal yang dilandasi dengan tauhidlah menurut tuntunan Islam yang akan menghantarkan manusia kepada kehidupan yang baik dan kebahagiaan yang hakiki di alam Akhirat nanti. buku ajar disini adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Buku ajar Pendidikan Agama Islam untuk anak memiliki ciri tersendiri karena keterbatasan-keterbatasan yang berhubungan dengan perkembangan bahasa anak, aqidah dan tauhid.
Penelitian ini bertujuan untuk pengolahan data analisis buku ajar agar mengetahui muatan pendidikan tauhid yang ada dalam buku PAI, kelayakan isi, kelayakan bahasa pada buku ajar Islam Agamaku di RA Tri Bhakti. Teknik pengumpulan data adalah data primer saja yaitu data yang langsung dan segera dapat diperoleh dari sumber data oleh peneliti untuk tujuan yang khusus. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library reseach).
Hasil dari penelitian menujukkan bahwa muatan pendidikan tauhid yang ada pada buku ajar islam agamaku ini termasuk dari beberapa golongan tauhid, yaitu: 1. Tauhid Illahiyah, 2. Tauhid Nubuwat, 3. Tauhid Ruhaniyat, dan 4. Tauhid Sam’iyyat. Kelayakan isi buku ajar islam agamaku ini sudah memenuhi standar kelayakan isi buku ajar, karena telah memenuhi beberapa unsur, yaitu: kesesuaian uraian materi dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD), keakuratan materi, dan materi pendukung, semuanya sudah memenuhi standar kelayakan isi. Sedangkan kelayakan bahasa pada buku ajar islam agamaku ini juga sudah memenuhi standar kelayakan bahasa yang diterapkan oleh BSPN karena telah memenuhi indikator penilaian kelayakan yaitu: kesesuai pemakaian bahasa dengan tingkat perkembangan anak, pemakaian bahasa yang komunikatif, dan pemakaian bahasa yang memenuhi syarat keruntutan dan keterpaduan alur berpikir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Muatan Pendidikan Tauhid, Kelayakan Isi, Kelayakan Bahasa.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 30 Oct 2025 12:05
Last Modified: 30 Oct 2025 12:05
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item