Vivit, Rofi’ah (2024) STRATEGI GURU PENGGERAK SEBAGAI TRANSFORMASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NO. 4 TUBAN. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (119kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (188kB) |
|
|
Text (Tesis Full)
TESIS VIVIT ROFI'AH CD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
SD Negeri 4 Tuban termasuk dalam sekolah yang berada di lingkungan pariwisata di provinsi bali tepatnya di kabupaten badung. Sekolah tersebut juga sangat menjunjung tinggi solidaritas keberagaman beragama dan berbasis moderasi beragama sesuai dengan nilai-nilai multikultural didalamnya. Selain itu, sekolah ini juga salah satu guru PAI yang telah mengikuti program guru penggerak yang dimana ini adalah salah satu program menteri pendidikan untuk menjadi guru dapat meningkatkan kompetensi sebagai guru dan profesional dalam kinerja yang dialaminya. Dengan demikian, jika guru dapat meningkatkan kompetensi. Maka, diharapkan siswa pun juga dapat meningkatkan kompetensi yang ada pada diri siswa dikarenakan guru dari program guru penggerak yang di ikuti.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Setrategi apa saja yang dilakukan guru penggerak dalam meningkatkan kompetensi peserta didik pada mata pelajaran PAI?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru penggerak dalam melakukan setrategi untuk maningkatkan kompetensi peserta didik pada mata pelajaran PAI?, (3) Apakah terdapat peningkatan kompetensi peserta didik pada mata pelajaran PAI?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 4 Tuban. Jenis penelitian menggunakan pendekatan Fenomenologi, teknik penentuan subyek penelitian menggunaka purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conslucion drawing). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun temuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Melalui pendekatan yang inklusif dan kolaboratif, guru penggerak dapat membimbing rekan-rekan sejawatnya dalam menerapkan metode pengajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa. (2) Melalui pendekatan yang tidak hanya mengajarkan materi, tetapi juga membangun karakter dan moralitas siswa, guru penggerak menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendalam dan bermakna. (3) Melalui pengembangan diri secara aktif, pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa, dan integrasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, guru penggerak memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan kepatuhan moral siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Guru Penggerak, Transformasi Pembelajaran, Kompetensi Siswa |
| Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 11:03 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 11:03 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

