MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus Di SMP Negeri 6 Mojokerto)

Uswatun, Hasanah (2022) MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus Di SMP Negeri 6 Mojokerto). Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Tesis Full)
USWATUN HASANAH FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan yaitu kurangnya kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran, sehingga diperlukan inovasi dan kreasi pembelajaran untuk penguasaan terhadap materi yang dikelola dan ditampilkan secara profesional dari hati tanpa paksaan, logis dan menyenangkan serta dipadukan dengan pendekatan personal-emosional. Model pembelajaran multisensori adalah model pembelajaran yang melibatkan berbagai stimulasi indra yang meliputi pendengaran, sentuhan, penciuman, pengecapan yang mencakup semua aspek diantaranya kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (ketetrampilan). Model pembelajaran multisensori dapat menumbuhkan karakter siswa karena siswa dapat terlibat langsung dalam proses prmbelajaran, saling berinteraksi satu sama lain, serta mendiskusikan suatu masalah terkait tentang mata pelajaran pendidikan agama islam.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui implementasi model pembelajaran multisensori PAI di SMP Negeri 6 Mojokerto, 2) Mengetahui model pembelajaran multisensori PAI dalam menumbuhkan karakter siswa di SMP Negeri 6 Mojokerto.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun penemuan penekitian ini adalah: 1). Implementasi model pembelajaran multisensori dalam menmbuhkan karakter siswa SMP Negeri 6 Mojokerto, 1) Guru mengkondisikan kelas, melibatkan siswa dengan hal yang akan diteliti, mengorganisasikan siswa, dan menjelaskan prosedur pembelajaran. 2) siswa diperkenalkan dengan masalah apa yangakan diteliti. 3) siswa merumuskan hipotesis atau jawaban sementara atas rumusan masalah yang telah diajukannya pada tahap sebelumnya dengan mengoptimalkan apa yang mereka telah ketahui. 4) siswa merencanakan dan melaksanakan kegiatan observasi atau penelitian sederhana. 5) siswa mengolah dan menganalisis data yang diperoleh pada saat kegiatan penelitian atau observasi. 6) siswa menguji jawaban yang telah diajukannya. 7) siswa merumuskan simpulan umum atau akhir atas hasil kegiatan penelitian/observasi yang telah dilaksanakan. 8) perwakilan siswa setiap kelompok memaparkan hasil kerjanya dalam pembelajaran. 9) guru membahas kembali masalah dan solusialternatif yang bisa digunakan untuk memecahkan masalahtersebut. 2). Implikasi model pembelajaran multisensori dalam menumbuhkan karakter siswa SMP Negeri 6 Mojokerto, 1)Siswa terbiasa berdiskusi untuk memecahkan suatu permasalahan atau persoalan, 2) Pembelajaran sangat menyenangkan dan lebih terarah, 3)Pembelajaran dengan model multisensori memberikan siswa kesempataan untuk berinterikasi satu sama lain, bertukar pikiran, memecahkan masalah dan mendemonstrasikannya, 4)Nilai- nilai pembelajaran pendidikan agama islam dapat menumbuhkan dan menanamkam karakter pada diri siswa. 5) nilai-nilai karakter siswa dianataranya yaitu: a. Karakter religius b.Karakter kreatif, c.Karakter percaya diri, d.Karakter teliti dan berhati-hati, e. Karakter rasa ingin tahu, f. Karakter mandiri, g. Karakter disiplin, h.Karakter bertanggung jawab

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Multisensori, Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 21 Oct 2025 11:00
Last Modified: 21 Oct 2025 11:00
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item