PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM NUSANTARA DI LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMK PGRI Pandaan – Kabupaten Pasuruan)

Muzakki, Mukhammad (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM NUSANTARA DI LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMK PGRI Pandaan – Kabupaten Pasuruan). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS MUZAKKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menelaah penanaman nilai-nilai Islam Nusantara di SMK PGRI Pandaan Pasuruan sebagai upaya membentuk generasi unggul secara akademik, profesional dalam keterampilan, serta berkarakter religius dan berbudaya Nusantara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru, serta peserta didik, dan dokumentasi kegiatan sekolah. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai Islam Nusantara dilaksanakan melalui strategi pendidikan yang terarah, pembiasaan sikap religius, pengintegrasian nilai keislaman dan kebangsaan dalam kurikulum, serta keteladanan guru dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai seperti toleransi, cinta damai, sopan santun, gotong royong, dan nasionalisme diimplementasikan tidak hanya dalam pembelajaran, tetapi juga melalui budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan interaksi sosial. Proses ini membentuk peserta didik yang tidak hanya terampil secara kejuruan, tetapi juga memiliki integritas, spiritualitas, dan kesadaran kebangsaan yang kuat. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa pendidikan kejuruan tidak semata berorientasi pada dunia industri dan keterampilan praktis, melainkan dapat selaras dengan pendidikan nilai. Integrasi keduanya menghasilkan lulusan yang unggul, profesional, religius, serta mampu menjaga harmoni sosial dan memperkuat identitas bangsa. Dengan demikian, SMK PGRI Pandaan Pasuruan menjadi model ideal pendidikan kejuruan berbasis nilai yang menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan global tanpa kehilangan akar budaya, agama, dan kebangsaan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-Nilai, Islam, Nusantara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:44
Last Modified: 23 Oct 2025 07:44
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5051

Actions (login required)

View Item View Item