Tuti, Nurlaela (2023) Peran Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Mutu PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi tentang Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bangli). Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (286kB) |
|
|
Text (Bab V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (93kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (157kB) |
|
|
Text (Tesis Full Text)
TESIS TUTI NURLAELA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Madrasah Diniyah sangat menjamur di masyarakat karena merupakan sebuah kebutuhan pendidikan anak. Pemahaman agama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi cita-cita dasar dari Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah merupakan bagian dari pendidikan keagamaan yang diselenggarakan untuk mencapai tujuan nasional. Keberadaan Madrasah Diniyah sangatlah penting dipertahankan karena perannya sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan ketuhanan kepada generasi milenial penerus bangsa di masyarakat untuk bisa tumbuh menjadi insan yang cerdas, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: (1) Bagaimanakah peran Madrasah Diniyah dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada siswa SMKN 1 Bangli. (2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Madrasah Diniyah dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada siswa SMKN 1 Bangli.
Peran Madrasah Diniyah dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada siswa SMK N 1 Bangli adalah: (1) Menambah wawasan imu pengetahuan agama Islam pada anak.(2) Sebagai pembentukan akhlakul karimah pada anak.(3) Untuk melengkapi Pendidikan Agama Islam di sekolah Umum. (4) Madrasah Diniyah membantu dalam menjaga tradisi keagamaan (5) Madrasah Diniyah mengatasi kesulitas baca tulis Al-Qur‘an. Faktor pendukung Madrasah dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam pada siswa SMK N 1 Bangli adalah: ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, adanya dukungan dari masyarakat serta pihak yang terkait, adanya kerjasama dan motivasi para guru dalam menunjang berjalannya suatu kegiatan pembelajaran, adanya dana untuk menunjang berjalannya kegiatan dan peserta didik diwajibkan untuk mempunyai kitab sebagai penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat Madrasah Diniyah adalah: kurangnya dorongan penuh dari orang tua, faktor tenaga pendidik yang tidak memiliki kriteria khusus bagi para pendidik, pengaruh perkembangan teknologi yang semakin canggih, terbatasnya waktu pembelajaran di kelas, faktor kurangnya motivasi peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran, Madrasah Diniyah, dan Mutu Pendidikan |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:10 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:10 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

