EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA COLEVIP (COMBINED LEARNING VIDEOS IN POWERPOINT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO

Rohmatun, Khasanah (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA COLEVIP (COMBINED LEARNING VIDEOS IN POWERPOINT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
01. COVER-ABSTRAC mfiks.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (Pendahuluan)
02. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (Penutup)
03. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
05. SKRIPSI Rohmatun Khasanah Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media Colevip (Combined Learning Videos In PowerPoint) merupakan media yang beragam, salah satunya termasuk pembelajaran menggunakan video ataupun pembelajaran yang menggunakan PowerPoint. Media pembelajaran ini dirancang untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran secara visual dan interaktif sehingga proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dan minat belajar peserta didik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan media Colevip (Combined Learning Videos In PowerPoint) di MAN 1 Mojokerto kelas X.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain pretest dan post-test serta menyebarkan angket. Pada desain ini terdapat pre-test, sebelum diberi perlakuan dengan media Colevip dan post-test setelah diberikan perlakuan dengan media Colevip. Instrumen tes yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan butir angket yang telah melalui uji validitas, dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X (6) sebagai kelas uji validasi, kelas X (8) sebagai kelas kontrol dan kelas X (4) sebagai kelas eksperimen dengan jumah populasi sebanyak 102 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh efektivitas dan minat belajar peserta didik untuk pre-test eksperimen dan post-test eksperimen setelah diberikannya media Colevip di kelas X MAN 1 Mojokerto pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis pada pretest kelas eksperimen dan posttest kelas eksperimen menunjukkan hasil yang signifikan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05. Dan perolehan thitung > ttabel kelas eksperimen yaitu 19,482 > 1,691 yang artinya H0 tidak efektif dan Hа efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, media powerpoint, pendidikan, pengaruh Media Audiovisual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 17 Oct 2025 09:56
Last Modified: 17 Oct 2025 09:56
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item View Item