MANAJEMEN PENDIDIKAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIZH AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA

Teguh, Agus Wahyudi (2025) MANAJEMEN PENDIDIKAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI RUMAH TAHFIZH AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL FIKS FREE REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan Tahfizh Al-Qur'an (menghafal Al-Qur'an) di Rumah Tahfizh Al-Muhajirin yang meliputi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti an ini adalah Mudiroh (Kepala Sekolah), Ustadz dan Ustadzah, Santri Tahfizh dan Wali Santri Tahfizh di Rumah Tahfizh Al-Muhajirin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.
Berdasarkan penelitian manajemen pendidikan Tahfizh Al-Qur'an di Rumah Tahfizh Al-Muhajirin, hasil penelitian menunjukan. Pertama, perencanaan dengan menentukan tujuan, isi dan strategi pendidikan Tahfizh Al-Qur'an. Kedua, pengorganisasian pendidikan Tahfizh Al-Qur'an dengan memberi tugas-tugas sesuai dengan kemampuan pengajar. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran Tahfizh Al- Qur’an dilaksanakan di Rumah Tahfizh secara rutin dan berkesinambungan. Metode yang digunakan dalam mengaji Tahfizh yaitu tadarus, sima’an, dan setoran. Keempat, pengawasan pendidikan Tahfizh Al-Qur'an mulai dari cara mengajar dengan memberi nasehat-nasehat ataupun motivasi kepada pengajar. Dan kelima, evaluasi pendidikan Tahfizh Al-Qur'andilakukan dengan dua cara yaitu, evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Evaluasi internal dibagi menjadi dua yaitu evaluasi ustadz-ustadzah dan evaluasi santri, evaluasi ustadz-ustadzah untuk mengetahui apakah para pengajar Tahfizh sudah mengajar sesuai dengan yang telah ditetapkan atau belum, evaluasi ini dilakukan dengan memberi motivasi kepada ustadz- ustadzah dan santri, kemudian evaluasi santri dilakukan untuk mengetahui kemampuan santri menghafal dalam satu bulan, Evaluasi ini dilakukan dengan cara mengadakan tes hafalan satu juz, Sedangkan evaluasi eksternal untuk megetahui apakah kegiatan Tahfizh Al-Qur'an sudah sesuai harapan wali santri atau masih jauh dari harapan, evaluasi eksternal dilakukan dengan masukan-masukan dari orangtua wali santri dan masyarakat sekitar. Evaluasi juga bisa dilihat dari hasil santri dalam prestasi-prestasi yang di dapatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, pendidikan, Tahfizh Al-Qur’an
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 14 Oct 2025 10:31
Last Modified: 14 Oct 2025 10:31
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4990

Actions (login required)

View Item View Item