STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 KETAPANG KALIMANTAN BARAT

Sayidin, Sayidin (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 KETAPANG KALIMANTAN BARAT. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ca.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Tesis Full)
tf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Ketapang tergolong baik, hal ini disebabkan oleh guru PAI yang profesional dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan kedisiplinan guru dalam mengajar. Strategi guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Ketapang melalui strategi pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangkitkan dan mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Selain itu guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi. Kendala atau hambatan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Ketapang yaitu kurangnya gairah siswa dalam mengikuti pembelajaran, Masalah ini dipengaruhi oleh faktor internal (yang berasal dari dalam diri siswa) dan juga oleh faktor eksternal (yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri).
Adapun tujuan penelitian ini: Pertama, untuk mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Ketapang. Kedua, untuk menganalisis faktor-faktor penghambat dan pendukung untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Ketapang. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya ialah informan yang terlibat langsung dalam proses penelitian strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu Kepala Sekolah, Guru, serta Peserta didik.
Hasil dari penelitian yang telah diteliti oleh penulis yaitu: Pertama, Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Ketapang tergolong baik, hal ini disebabkan oleh guru PAI yang profesional dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan kedisiplinan guru dalam mengajar. Strategi guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Ketapang melalui strategi pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangkitkan dan mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Selain itu guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi. Kedua, Kendala atau hambatan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Ketapang yaitu kurangnya gairah siswa dalam mengikuti pembelajaran, Masalah ini dipengaruhi oleh faktor internal (yang berasal dari dalam diri siswa) dan juga oleh faktor eksternal (yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Islamic Religious Education Teachers and Interest in Learning.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 14 Oct 2025 09:13
Last Modified: 14 Oct 2025 09:13
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4984

Actions (login required)

View Item View Item