Nurdin, Nurdin (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGATASI KESULITAN SISWA UNTUK MEMBACA AL-QUR’AN DI SMA NEGERI 1 MATAN HILIR UTARA. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
ca.pdf - Published Version Download (425kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (392kB) |
![]() |
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (202kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (422kB) |
![]() |
Text (Tesis Full)
tf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Guru dalam pendidikan memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam membina perilaku keagamaan peserta didik di lingkungan sekolah. Selain sebagai pendidik, guru juga berperan sebagai figur pengganti orang tua yang harus memiliki sikap profesional. Tugas-tugas guru meliputi mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Oleh karena itu, sikap profesional guru sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang baik.
Adapun tujuan penelitian ini: Pertama, untuk menganalisis upaya guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan siswa untuk membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Matan Hilir Utara. Kedua, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan siswa untuk membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Matan Hilir Utara. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya ialah informan yang terlibat langsung dalam penerapan kegiatan keagamaan yaitu Kepala madrasah, Waka Kurikulum, Guru PAI, serta Peserta didik.
Hasil dari penelitian yang telah diteliti oleh penulis bahwa salah satu upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan sekolah mengatasi kesulitan siswa untuk membaca Al-Qur’an yakni: pertama, membentuk kegiatan Ekstrakurikuler Rohis. Kedua, kerjasama dengan orang tua. Ketiga, pengadaan tes dan evaluasi. Keempat, pemberian motivasi dan pembinaan kepada siswa. Kemudian terdapat juga beberapa faktor yang menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur'an di SMA Negeri 1 Matan Hilir Utara, antara lain: yaitu: Pertama, Keterbatasan waktu. Kedua, Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru. Ketiga, Keterbatasan sumber belajar. Keempat, Kurangnya motivasi siswa. Kelima, Kurangnya dukungan orang tua. Selain itu juga, terdapat pula faktor-faktor yang mendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa untuk membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 1 Matan Hilir Utara, antara lain: Pertama, Dukungan dari pihak sekolah. Kedua, Motivasi guru. Ketiga, Adanya keterlibatan orang tua. Keempat, Penggunaan metode pembelajaran yang efektif. Kelima, Kerja sama antar guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Siswa, Membaca Al-Qur’an. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 09:18 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 09:18 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |