PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM CEPOKOLIMO PADA SUBTEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA

Pretty, Amaliyah (2020) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM CEPOKOLIMO PADA SUBTEMA 2 PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA. Diploma thesis, INSTITUT KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh metode yang digunakan guru yang sifatnya masih konfensional, dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa yang tidak tuntas dengan presentase 82%, dengan demikian peneliti mengambil judul pengeruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa.
Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti memilih sebuah rumusan masalah yang dirasa tepat untuk dikaji diantaranya, 1) Bagaimana pelaksanaan metode tutor sebaya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo?, 2) Seberapa besar pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 perpindaham kalor di sekitar kita di MI Miftahul Ulum Cepokolimo?
Tujuan dalam penelitian ini 1) untuk mengetahui pelaksanaan metode tutor sebaya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 perpindaham kalor di sekitar kita di MI Miftahul Ulum Cepokolimo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan One Grup Pretest Post Test Desine. Sampel yang digunakan untuk diberi perlakuan adalah kelas V MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dari skor pre test ke hasil post test. Sebelum diberikan pre test dan post test terlebih dahulu buutir soal telah divalidasi oleh ahli Ibu Ika Agustin Adityawati, M.Pd.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan metode tutor sebaya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo berjalan dengan baik sesuai RPP. 2)berdasarkan hasil uji SPSS yang didapati dari uji hipotesis dengan menggunakan yakni uji Paires Sample T-Test ialah Asymp, Sig (2-tailed) 0,001 dimana terdapat pengaruh signifikasi antara penggunaan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa, dalam artian lain yaitu Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: IKA AGUSTIN ADITYAWATI, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:16
Last Modified: 17 Sep 2020 07:16
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item