Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Dan Kualitas Pendidikan Karakter Siswa Di Sd Nu Kaplongan

Suadnan, Suadnan (2024) Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Dan Kualitas Pendidikan Karakter Siswa Di Sd Nu Kaplongan. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover Dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Bab V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS SUADNAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sekolah Dasar (SD) merupakan langkah awal atau dasar pendidikan utama bagi anak, disinilah anak-anak akan mudah terbentuk karakternya. Kurangnya kecerdasan spiritual dalam diri anak-anak atau peserta didik akan mengakibatkan karakter seseorang tidak baik. Gejala ini lebih jelas terlihat pada anak-anak dan remaja. Dalam menghadapi tantangan yang kompleks dalam mendidik moral dan perilaku anak, terutama diera zaman yang sangat modern ini perkembangan yang ditandai dengan derasnya media sosial, atau informasi-informasi yang ada akan telah membawa pengaruh dalam sikap atau gaya hidup terhadap anak peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SD NU Kaplongan 2) Bagaimana strategi dalam meningkatkan kualitas karakter siswa di SD NU Kaplongan. 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan karakter siswa di SD NU Kaplongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di SD NU Kaplongan. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi, kepala sekolah, guru wali kelas, guru mata pelajaran, wali murid. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada tiga alasan mengapa kecerdasan spiritual dan pendidikan karakter dilaksanakan di SD NU Kaplongan yaitu pertama, muatan pembelajaran di SD NU Kaplongan terkait dengan penguatan pendidikan karakter, kedua adanya keterkaitan program-program sekolah dalam pendidikan karakter, dan ketiga untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan karakter Islami, yang mempunyai akhlakul karimah dan mandiri. (2) Penerapan pendidikan karakter Islami di SD NU Kaplongan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama adalah faktor lingkungan sekolah dan kedua lingkungan keluarga. Pada lingkungan sekolah, pendidikan karakter berhasil jika mendapat dukungan dari wali murid dengan membiasakan serta memberikan keteladanan terkait pembiasaan yang dilakukan di sekolah. dan sebaliknya, jika tidak adanya kerjasama serta dukungan dari wali murid maka pembentukan karakter itu akan susah diwujudkan. (3) Strategi implementasi kecerdasan spiritual dan pendidikan karakter siswa di SD NU Kaplongan dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi melalui pembiasaan, kegiatan terstruk dan keteladanan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, kecerdasan spiritual, pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 13 Oct 2025 11:58
Last Modified: 13 Oct 2025 11:58
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item