Pemgembangan bahan ajar tematik berbasis islam

Ririn, Andriani (2019) Pemgembangan bahan ajar tematik berbasis islam. Diploma thesis, Institut KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (560kB)
[img] Text (BAB V penutup)
BAB V AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Dartar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (Skripsi utuh)
TUGAS ILMIYAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Andriani, Ririn. 2019.Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam
Pada subtema Manusia dan Lingkungan, Skripsi Program Studi
Pendidkan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren
KH. Abdul Chalim. Pembimbing : Benny Angga Permadi, M. Pd.
Kata kunci: Modul,Tematik berbasis Islam, hasil belajar.
Pengembangan Modul Tematik yang berbasis islam di MI Miftahul Ulum
Cepokolimo dilandasi oleh beberapa permasalahan yaitu hasil belajar siswa kelas
V MI Miftahul Ulum Cepokolimo menunjukan 80% siswa mendapat nilai
dibawah KKM. Kurangnya bahan ajar yang membantu siswa dalam belajar secara
mandiri. Kurangnya keimanan dan ketakwaan siswa Belum ditemukanya bahan
ajar yang memadukan antara konsep dengan ayat-ayat al Quran yang bertujuan
untuk menambah keyakinan dan ketakwaan kepada Allah.
Berdasarkan masalah-masalah yang telah dipaparkan, maka sangat penting
bagi peneliti untuk melakukan pengembangan bahan ajar yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa, memudahkan siswa belajar secara mandiri dan
yang paling penting dapat menimbulkan efek pada diri siswa terhadap keyakinan
dan ketakwaan pada diri mereka. Akhirnya peneliti menghasilkan pengembangan
modul tematik yang berbasis islam.Pengembangan ini mempunyai tujuan yaitu
untuk mengetahui sepesifikasi, efektifitas, dan kemenarikan modul Tematik yang
berbasis islam di MI Miftahul Ulum Cepokolimo.
Model pengembangan ini memakai Model ADDIE yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek yang menilai kelayakan
pada modul ini yaitu ahli materi, ahli desain, ahli pembelajaran kelas lima. Tahap
inti dari penelitian ini yaitu, melakukan analisi kondisi awal, merancang modul,
mengembangkan rancangan modul, melakukan penulisan pada modul, melakukan
penilaian pada modul. Teknik pengumpulan data diantaranya yaitu Angket,
wawancara, dan melakukan tes hasil belajar.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pertama sepesifikasi modul tematik
yang berbasis islam berbetuk media cetak. Modul ini dikembangkan dengan
mengunakan dalil Al-Quran dan kata- kata mutiara yang berhubungan dengan
islam yang dapat menambah keyakinan siswa terhadap kekuasaan Allah SWT.
Tujuan modul ini yaitu menambah keyakinan siswa serta mencapai KI,KD dalam
subtema manusia dan lingkungan. Kedua yaitu penggunaan modul Tematik yang
berbasis Islam. Ketiga yaitu efektifitas dan kemenarikan modul Tematik yang
berbasis Islam pada kelas V MI Miftahul Ulum Cepokolimo memiliki
kemenarikan dan efektifitas yang cukup tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari data
hasil penilaian modul Tematik berbasis islam. Berdasarkan dari validasi ahli
desain 79%, validasi ahli materi 75%, validasi ahli pembelajaran 80%,
berdasarkan uji lapangan siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Cepokolimo
memperoleh hasil 88%, bardasarkan rata-rata hasil pre tes dn post tes yaitu 61,45
dan 91,79.Berdasarkan hasil pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa modul
tematik yang berbasis islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menjadi
pendamping buku pembelajaran khususnya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo
pada subtema manusia dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Modul,Tematik berbasis Islam, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:04
Last Modified: 15 Sep 2020 02:04
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item