Lamaji, Lamaji (2025) STRATEGI PENGUATAN PROGRAM UNGGULAN DAN INOVASI KURIKULUM DI MA UNGGULAN ROHMATUL UMMAH DESA MOJOGENENG KECAMATAN JATIREJO KABUPATEN MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH abdul chalim.
![]() |
Text (Cover dan abstrak)
COVER, ABSTARK LAMAJI.pdf - Published Version Download (649kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
BAB 1 LAMAJI.pdf - Published Version Download (473kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V LAMAJI.pdf - Published Version Download (243kB) |
![]() |
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA LAMAJII.pdf - Published Version Download (212kB) |
![]() |
Text (Full tesis)
FULL TESIS LAMAJI TERBARU.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
MA Unggulan Rohmatul Ummah di Desa Mojogeneng, Kecamatan
Jatirejo, Kabupaten Mojokerto merupakan madrasah yang aktif melakukan
penguatan mutu pendidikan melalui pengembangan program unggulan dan
inovasi kurikulum. Upaya ini merupakan respon terhadap tuntutan zaman, di
mana pendidikan harus mampu mencetak siswa yang tidak hanya cerdas secara
akademik, tetapi juga memiliki karakter dan kecakapan spiritual yang kuat.
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk menganalisis strategi
penguatan program unggulan yang diterapkan di MA Unggulan Rohmatul
Ummah. Kedua, untuk mendeskripsikan bentuk inovasi kurikulum yang
diimplementasikan dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di madrasah
tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan
kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru; disertai dengan
observasi langsung di lapangan serta dokumentasi terhadap berbagai aktivitas dan
dokumen yang relevan dengan program unggulan dan inovasi kurikulum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penguatan program unggulan
dilakukan melalui perencanaan program yang terstruktur, pembinaan siswa secara
intensif, pelatihan guru, serta penguatan budaya madrasah berbasis nilai-nilai
keislaman. Adapun inovasi kurikulum terlihat dari integrasi nilai-nilai keislaman
ke dalam pelajaran umum, penggunaan media digital dalam pembelajaran, serta
penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Sinergi antara kepala sekolah,
guru, dan orang tua menjadi faktor kunci keberhasilan, meskipun tantangan tetap
muncul, terutama pada keterbatasan sarana prasarana dan kesiapan sumber daya
manusia dalam mendukung inovasi secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Unggulan, Inovasi Kurikulum, Pendidikan Madrasah |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 09:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 09:13 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |