Amrul, Giyono (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 7 GIANYAR PROV. BALI. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover Dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (266kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (495kB) |
![]() |
Text (Bab V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (95kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (247kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS AMRUL GIYONO.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan dengan menekankan penanaman nilai-nilai yang sesuai dengan budaya bangsa. SD N 7 Gianyar Prov. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah nilai-nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam? 2) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum merdeka di SD N 7 Gianyar Prov. Bali? 3) implikasi implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum merdeka di SD N 7 Gianyar Prov. Bali? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang: 1). Nilai-nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam. 2) Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurikulum merdeka di SD N 7 Gianyar Prov. Bali. 3). Implikasi yang terjadi atas implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurikulum merdeka di SD N 7 Gianyar Prov. Bali.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian studi kasus. Lokasi yang menjadi tempat penelitian yaitu di SD N 7 Gianyar Prov. Bali karena sekolah ini merupakan sekolah dasar yang mempunyai perbandingan siswa beragama Islam terbanyak dengan siswa Hindu di Kabupaten Gianyar. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, wali siswa, siswa, guru pendidikan agama Islam dan stakeholders teknik penentuan informan yang akan dilakukan oleh peneliti adalah teknik purposive sampling. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan format dokumentasi. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisa data atau proses pengolahan data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum merdeka di SDN 7 Gianyar Prov. Bali ada lima yakni: nilai toleransi, semangat kebangsaan, cinta damai, gemar membaca, dan tanggung jawab. 2).Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum merdeka di SDN 7 Gianyar Prov. 3) Dampak dari penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pendidikan agama Islam di SDN 7 Gianyar Prov. Bali
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 11:51 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 11:51 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |