IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 7 GIANYAR PROV. BALI

Amrul, Giyono (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 7 GIANYAR PROV. BALI. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover Dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (Bab V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS AMRUL GIYONO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan dengan menekankan penanaman nilai-nilai yang sesuai dengan budaya bangsa. SD N 7 Gianyar Prov. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah nilai-nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam? 2) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum merdeka di SD N 7 Gianyar Prov. Bali? 3) implikasi implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum merdeka di SD N 7 Gianyar Prov. Bali? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam tentang: 1). Nilai-nilai karakter dalam Pendidikan Agama Islam. 2) Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurikulum merdeka di SD N 7 Gianyar Prov. Bali. 3). Implikasi yang terjadi atas implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurikulum merdeka di SD N 7 Gianyar Prov. Bali.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian studi kasus. Lokasi yang menjadi tempat penelitian yaitu di SD N 7 Gianyar Prov. Bali karena sekolah ini merupakan sekolah dasar yang mempunyai perbandingan siswa beragama Islam terbanyak dengan siswa Hindu di Kabupaten Gianyar. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, wali siswa, siswa, guru pendidikan agama Islam dan stakeholders teknik penentuan informan yang akan dilakukan oleh peneliti adalah teknik purposive sampling. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan format dokumentasi. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisa data atau proses pengolahan data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum merdeka di SDN 7 Gianyar Prov. Bali ada lima yakni: nilai toleransi, semangat kebangsaan, cinta damai, gemar membaca, dan tanggung jawab. 2).Implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum merdeka di SDN 7 Gianyar Prov. 3) Dampak dari penerapan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pendidikan agama Islam di SDN 7 Gianyar Prov. Bali

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 13 Oct 2025 11:51
Last Modified: 13 Oct 2025 11:51
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item