Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B1 di RA Miftahul Ulum Pandanarum

Padiya, Padiya (2025) Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B1 di RA Miftahul Ulum Pandanarum. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak 3 Bahasa.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan kognitif pada anak usia dini adalah salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Perkembangan kognitif anak di tahap usia dini sangat penting untuk mendukung kemampuan mereka dalam berpikir, mengingat, dan menyelesaikan masalah. Namun, proses belajar yang tidak maksimal serta kurangnya kreatifitas dari pendidik dalam menentukan media pembelajaran dapat menghalangi kemajuan ini. Penggunaan media loose part bisa menjadi alternatif untuk merangsang fungsi kognitif anak yang sesuai dengan usia dan karakteristik mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media loose part terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B1 di RA Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen design (non design) dengan pendekatan Kuantitatif, serta menggunakan model one group pretest – posttest design. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sample siswa 24 anak dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Untuk analisis data, perhitungan dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak kelompok B1 di RA Miftahul Ulum Pandanarum dipengaruhi oleh penggunaan media loose part. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata hasil pre-test dan post-test, dimana hasil pre-test yang diperoleh yaitu 32,17 dan post-test 58,63. Hal ini juga dibuktikan dari hasil uji paired sampel t-test dengan hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media loose part memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B1 di RA Miftahul Ulum Pandanarum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif, Media Loose Part
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 18 Oct 2025 07:55
Last Modified: 18 Oct 2025 07:55
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4912

Actions (login required)

View Item View Item