Mukti, Ali (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA (Studi Komparasi Di SDN 2 Patrol dan SDN 1 Patrol Kabupaten Indramayu). Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (499kB) |
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (419kB) |
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (291kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (253kB) |
![]() |
Text (Tesis Full)
TF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bidang studi yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menciptakan nilai rasa, moral, watak dan tingkah laku manusia etintasnya, kedepan semakin akan terasa penting sejalan dengan adanya akselerasi perkembangan peradaban manusia. Kesiapan langkah antisipatif atas kemerosotan moralitas Islami peserta didik dan problematika pendidikan agama Islam di sekolah tak ubahnya seperti hanya sekedar rutinitas dalam rangka hanya sebagai suplemen kegiatan pembelajaran yang seperti halnya tidak memiliki fungsi yang begitu penting
Pendekatan penelitian secara kualitatif adalah pendekatan yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.
Berdasarkan hasil paparan dan pembahasan penelitian tentang “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Penanaman Karakter Siswa di SDN 2 Patrol dan SDN 1 Patrol” didapatkan hasil sebagai berikut: 1. Strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SDN 2 Patrol dan SDN 1 Patrol kabupaten Indramayu, yaitu sebanyak 5 strategi yang terdiri dari strategi pembelajaran langsung, tidak langsung, intercative learning, experiental learning, dan strategi pembelajaran mandiri. 2. Proses penanaman karakter siswa yang dilakukan di SDN 2 patrol dan SDN 1 Patrol Kabupaten Indramayu terdapat 3 tahap, yaitu pengetahuan, perasaan dan tindakan moral.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:01 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 08:01 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |