SRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAQ SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH SUNGAI DURI KALIMANTAN BARAT

Muhammad, Sholahuddin (2023) SRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAQ SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH SUNGAI DURI KALIMANTAN BARAT. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img] Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (Tesis Full)
TF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan yang berkaitan dengan penanaman akhlak. Permasalahan dalam dunia pendidikan yang menjadi sorotan adalah akhlak siswa. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai akhlak menjadi salah satu cara dalam menanamkan akhlak pada siswa agar mereka dapat menjaga diri mereka dari perbuatan tercela.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Strategi Guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa di Madrasah Aliyah nurul Ummah Sungai Duri, 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Sungai Duri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai Akhlaq siswa di Madrasah Aliyah Nurul ummah Sungai Duri yaitu dengan metode keteladan, metode pembiasaan, metode nasihat dan motivasi. Selain Strategi seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan berbagai kegiatan dalam rangka pembinaan akhlak siswa antara lain: 1) budaya senyum, sapa, salam, 2) membaca do‟a dan asmaul husna di pagi hari, 3) Membaca surah-surah pendek, 4) budaya sholat dzuhur dan sholat dhuha berjamaah, 5) Peka terhadap lingkungan sekitar. Selain itu peneliti juga menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Sungai Duri. Faktor pendukung itu antara lain: 1) faktor guru, 2) lingkungan keluarga, 3) komitmen bersama. Sedangkan faktor penghambatnya anatara lain: 1) Faktor internal (fasilitas kurang mendukung, masih kurangnya kesadaran), 2) Faktor Eksternal (faktor pendidik, faktor lingkungan, dan faktor orang tua).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Nilai-nilai Akhlak
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:56
Last Modified: 10 Oct 2025 07:56
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4850

Actions (login required)

View Item View Item