Aulia, Hany Aulia (2025) Keterlibatan Orang Tua Dalam Membentuk Kedisiplinan Pada Anak Kelompok B1 Di RA AL HUDA Wonoploso. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul chalim.
![]() |
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak 3 bahasa.pdf - Published Version Download (507kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (434kB) |
![]() |
Text (Kesimpulan)
Bab Akhir.pdf - Published Version Download (240kB) |
![]() |
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (442kB) |
![]() |
Text (Skripsi Pul)
Skripsi_Hany Aulia_20211700148006_Repository.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keterlibatan orang tua merupakan tingkat partisipasi orang tua dalam
proses pendidikan dan perkembangan anak, yang mencakup aspek-aspek seperti
komunikasi, dukungan emosional, dan pengawasan terhadap aktivitas anak.
Sedangkan kedisiplinan merupakan kemampuan individu untuk mengatur diri
sendiri, mematuhi aturan, dan menunjukkan perilaku yang teratur dalam konteks
pendidikan dan kehidupan sehari-hari.
Penyusunan skripsi ini penulis mengajukan judul yaitu Keterlibatan Orang
Tua Dalam Membentuk Kedisiplinan Pada Anak Kelompok B1 Di RA Al Huda
Wonoploso dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana Bentuk Keterlibatan Orang
Tua Dalam Membentuk Kedisiplinan Pada Anak Kelompok B1 Di RA Al Huda
Wonoploso, 2) Apa Saja Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kedisiplinan Pada
Anak Kelompok B1 Di RA Al Huda Wonoploso.
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua dalam membentuk
kedisiplinan pada anak usia dini, dan mendeskripsikan faktor yang dapat
mempengaruhi kedisiplinan pada anak kelompok B1 RA Al Huda Wonoploso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian orang
tua wali murid dan guru kelas kelompok B1 RA Al Huda Wonoploso. Untuk
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa orang tua dan juga guru menerapkan kedisiplinan
dengan anak menggunakan bentuk keterlibatan yang diterapkan dalam teori
Epteins yaitu Pengasuhan, Komunikasi, Sukarela di sekolah, Pembelajaran Di
rumah, Pengambilan keputusan, dan Kolaborasi dengan komunitas, dengan
adanya bentuk keterlibatan ini dapat memudahkan orang tua dan juga guru dalam
menanamkan kedisiplinan anak sejak usia dini. Faktor yang dialami
berkesinambungan dengan didikan keluarga dan lingkungan sekitar sehingga
sekolah dapat membantu dengan mengajak orang tua bekerja sama demi
membentuk kedisiplinan anak sejak dini. Oleh karena itu keterlibatan orang tua
sangatlah penting
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlibatan Orang Membentuk Kedisiplinan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | S1 PIAUD IKHAC |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:09 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 06:09 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |