Fahmi, Amhar (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI MIFTAHUL HUDA KUTOREJO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrack 3 bahasa)
cover+abstrack.pdf - Published Version Download (300kB) |
![]() |
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
bab1 pendahuluan.pdf - Published Version Download (212kB) |
![]() |
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
Bab Akhir.pdf - Published Version Download (109kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (274kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, khususnya materi bilangan cacah, disebabkan minimnya variasi metode dan kurangnya partisipasi aktif siswa. Pembelajaran yang didominasi ceramah membuat siswa pasif dan sulit memahami konsep. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang mendorong interaksi, tanggung jawab individu, serta keterlibatan aktif melalui kerja kelompok. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Miftahul Huda Kutorejo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa dengan instrumen berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 41,5 pada pretest menjadi 78,2 pada posttest. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan N-Gain 0,63 termasuk kategori sedang. Dengan demikian, model Jigsaw terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar, Matematika, Bilangan Cacah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKHAC |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 05:59 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 05:59 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |