Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik di MAN 2 Mojokerto

sofi, adawiyah (2025) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik di MAN 2 Mojokerto. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran Akidah Akhlak serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam membentuk keterampilan berfikir kritis peserta didik di MAN 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu orientasi masalah, pengorganisasian peserta didik, bimbingan penyelidikan, presentasi hasil, serta evaluasi dan refleksi. Model ini membantu peserta didik untuk lebih aktif, mandiri, dan mampu mengemukakan pendapat dalam menyelesaikan masalah yang kontekstual dengan kehidupan mereka.
Faktor pendukung dalam implementasi ini meliputi ketersediaan media pembelajaran, dukungan dari guru dan siswa yang antusias. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kepercayaan diri sebagian peserta didik, keterbatasan waktu pembelajaran, dan variasi tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Secara keseluruhan, penerapan model PBL pada mata pelajaran Akidah Akhlak terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, meskipun memerlukan upaya berkelanjutan dari berbagai pihak agar hasil yang dicapai lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Akidah Akhlak, Berfikir Kritis, Implementasi pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 24 Sep 2025 09:18
Last Modified: 24 Sep 2025 09:18
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item