IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM MERDEKA DENGAN METODE JIGSAW DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KUTOREJO

Alfiyah, Ayu Qomariyah (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM MERDEKA DENGAN METODE JIGSAW DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 KUTOREJO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Bab 5 Penutupan)
Bab 5 (Penutupan).pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (Skripsi Full tsxt)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Metode Jigsaw, Keaktifan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan agama islam kurikulum merdeka dengan metode jigsaw dalam peningkatan keaktifan peserta didik di kelas X SMAN 1 Kutorejo, dan mengetahui implikasi dari keaktifan peserta didik pada pembelajraan pendidikan agama islam dengan metode jigsaw di kelas X SMAN 1 Kutorejo.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Penelitian ini akan berfokus pada implementasi pembelajaran pendidikan agama islam kurikulum merdeka dengan metode jigsaw dalam peningkatan keaktifan peserta didik kelas X SMAN 1 Kutorejo. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan untuk teknik uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perencanaaa metode jigsaw mempersiapkan capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pebelajaran, rencana pembelajaran dan memilih materi beserta membuat soal. Pelaksanaan metode jigsaw pendidik menjelaskan langkah pelaksanaan pembelajaran jigsaw, menjelaskan materi dari pendidik dan melakukan pembentukan kelompok secara acak dengan 4-5 peserta didik dari setiap kelompok. Pendidik memberikan soal yang berbeda tapi satu materi, selanjunya pendidik memberikan waktu untuk mendiskusikan kelompok asal untuk menyelesaikan jawaban soalnya selanjutnya setelah selesai berdiskusi dengan kelompok asal pendidik mengitruksiakan untuk berkumpul dengan kelompok ahli untuk mengatahui hasil diskusi dengan kelompok asal. Memprestasikan hasil diskusi selanjutnya menyimpulkan materi tersebut. Meskipun dalam pelaksanaannya sudah berhasil tetapi belum maksimal dikarenakan ada peserta didik yang belum bisa berperan dengan baik. Untuk tahap evaluasinya dilihat keaktifan berdiskusi bersama kelompok, presentasi dari hasil diskusi kelompok, hasil karya dan melakukan tes tulis atau tes lisan. Adapun dampak setelah menerapkan metode jigsaw peserta didik peningkatan pemahaman materi, peningkatan keterampilan sosial, peningkataan motivasi dan partisipasi, pengembangan keterampilan komunikasi, serta pengurangan kecemasaan akademis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Metode Jigsaw, Keaktifan
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 20 Sep 2025 09:48
Last Modified: 20 Sep 2025 09:48
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item View Item